Kemenkes Respons Keinginan Wali Kota Batam Datangkan BTS

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 18:18 WIB
BTS dan Coldplay di American Music Awards (AMA) 2021 di Microsoft Theater, Los Angeles, California, pada Minggu (21/11/2021) waktu setempat.
Ilustrasi / Konser boyband BTS (Foto: AARON POOLE)
Jakarta -

Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel), Incheon International Airport Corporation (IIAC), menawarkan diri membawa boyband asal negaranya, BTS, untuk tampil di Batam. Namun mereka meminta syarat agar BTS datang dan tampil tanpa harus mengikuti karantina.

Wali Kota (Walkot) Batam Muhammad Rudi lalu ingin berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait syarat BTS tampil tanpa lebih dulu karantina. Kemenkes menolak syarat tersebut.

Juru bicara Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan telah ada aturan karantina bagi pelaku perjalanan yang baru datang dari luar negeri. Selain itu, pemerintah sudah membuat aturan pelaksanaan kegiatan yang mengundang kerumunan, seperti konser.

"Sudah ada prokes yang dibuat sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan termasuk juga pelaksanaan konser musik," kata Siti Nadia saat dimintai konfirmasi, Selasa (30/11/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia TarmiziJuru Bicara Vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dia mengatakan peraturan tersebut harus dipatuhi. Aturan karantina hingga prokes saat konser dibuat agar masyarakat tetap aman dari potensi penularan COVID-19.

Tidak ada pihak yang mendapatkan pengecualian dari ketentuan tersebut. Terlebih konser boyband BTS diprediksi akan dihadiri banyak pengunjung.

"Iya, (aturan tersebut) demi keselamatan bersama," ucap Siti.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyebut perusahaan asal Korsel, IIAC, menawarkan diri membawa BTS tampil di Batam. Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kemenkes untuk memenuhi syarat dari pihak IIAC soal BTS.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Sukses Gelar Konser Offline Hari Pertama di LA, BTS Mengaku Terharu':

[Gambas:Video 20detik]