Wali Kota Parepare Tak Pernah Ambil Gaji, Alasannya untuk Agama

Atta Kharisma - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 18:03 WIB
Wali Kota Parepare Taufan Pawe
Foto: dok. Pemkot Parepare
Jakarta -

Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengaku sejak periode pertama tahun 2013 silam, ia tidak pernah mengambil gajinya untuk kepentingan pribadi. Ia gunakan gaji tersebut untuk kepentingan agama.

"Dari awal pemerintahan saya, saya tidak pernah ambil gaji saya satu rupiah pun. Anda bisa tanya jajaran saya. Karena niat saya dari awal, gaji itu hanya digunakan untuk kepentingan agama," kata Taufan dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Dalam sambutannya di acara Pengukuhan, Rakerda, dan Seminar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Parepare, Taufan kembali mengenang janjinya terhadap pengurus MUI Kota Parepare untuk mendirikan kantor MUI Kota Parepare dengan catatan lahan harus sudah tersedia. Namun sampai sekarang, lahan itu masih belum mampu dipersiapkan oleh MUI Parepare.

Namun, Taufan memerintahkan jajarannya untuk mencari aset Pemkot Parepare yang dapat dijadikan lahan pembangunan kantor MUI Kota Parepare. Ia menegaskan kantor MUI Kota Parepare harus tetap terselenggara.

"Nanti saya perintahkan jajaran saya untuk mencari aset siapa tau ada yang bisa digunakan untuk sekretariat MUI Parepare. Silahkan pengurus MUI gunakan gaji saya untuk membangun kantor," ungkapnya.

Meski demikian Taufan khawatir tidak bisa mewujudkan komitmen tersebut sebelum masa jabatannya berakhir.

"Kota Parepare terkenal sebagai kota ulama dan santri. Jadi semangat saya akan kepentingan agama tidak mengada-ada, Pak. Saya takut di masa akhir jabatan saya tidak bisa mewujudkan sekretariat MUI Parepare," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Sulsel K.H. Muhammad Ruslan Wahab mengaku kagum akan sosok Taufan Pawe. Ia pun memuji Taufan yang tidak pernah mengambil gaji dan menggunakannya untuk kepentingan agama.

"Tangan beliau (TP) sangat ringan dalam membantu masalah keumatan dan agama. Saya sangat kagum. Saya serius, ini bukan main-main. Apalagi beliau tidak pernah ambil gajinya sepeserpun namun hanya digunakan untuk urusan agama. Lahaula walakuata Illabillah," tuturnya.

Ia berharap kepemimpinan Taufan bisa menjadi teladan dan percontohan bagi pemerintah daerah lainnya. Baginya, sosok Taufan Pawe merupakan pemimpin yang mengerti dan memaknai arti berjamaah serta dapat menuntun pemerintahan kota Parepare menuju tercapainya pembangunan yang maju, kesejahteraan masyarakat, dan urusan agama.

"Kita sangat sarankan pemerintah-pemerintah lain mengikuti jejak beliau (Taufan Pawe). Memang susah mencari pemimpin seperti ini. Tetapi kalau pemerintahan lain mengikuti jejak beliau, insyaallah aman dunia dan akhirat," ujarnya.

(prf/ega)