detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Warga Rusun City Garden Jakbar Beli Tangki untuk Kebutuhan Air Bersih

Marteen Ronaldo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:37 WIB
Tangki air bersih di Rusunami City Garden, Cengkareng Jakarta Barat.
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Penghuni Rumah Susun Milik (Rusunami) City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Mereka haus membeli air bersih dari mobil tangki langsung.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (30/11/2021), terparkir mobil tangki air bersih. Mobil tangki itu hampir setiap hari memasok air untuk penghuni.

Sumarto, salah satu warga, mengatakan hampir setiap bulan harus membayar Rp 300 ribu untuk air bersih dari tangki.

"Iya saya selalu beli air bersih, dengan warga lainnya. Itu hampir setiap bulannya pasti kita beli. Sebelumnya itu harganya kita kasih Rp 100 ribu, tetapi ternyata tidak cukup, jadi kita tambah," katanya saat ditemui oleh detikcom di Rusunami City Garden.

Ia menerangkan, selain membayar iuran air bersih, dirinya harus membayar listrik yang harus dibayarkan kepada pihak pengelola. Biaya yang dikeluarkan tiap unit bervariasi.

"Ini bukti listrik per bulan saya, selalu kita bayar tergantung pemakaiannya, kalau saya kena biasanya Rp 150-200 ribu. Tetapi ada juga warga yang bayar sampai Rp 500 ribu," terangnya.

Hal tersebut tentu membuat dirinya kewalahan dalam mengeluarkan biaya hidup untuk kebutuhan hidup. Ditambah, dirinya pun harus mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan sang istri yang terkena penyakit kulit akibat air dari instalasi pengelolaan air dari pihak pengelola.

Nada yang sama juga disampaikan oleh Boby, warga Rusunami Garden City lainnya. Ia menerangkan iuran kenclengan tersebut dilakukan oleh warga lantaran telah terlalu lama berdebat dengan pihak pengelola.

"Kita akhirnya harus berpikir untuk kebutuhan air bersih untuk kita. Karena kalau terus menunggu, hasilnya pasti buruk," terangnya.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh detikcom, jumlah warga yang berada di Rusunami Garden City mencapai 480 keluarga. Nantinya keluarga tersebut akan menyetor uang Rp 300 ribu untuk pemenuhan air bersih yang akan disetorkan kepada pihak pengelola.

Simak Video: Krisis Air Bersih, Warga Rusunami City Garden Ngadu ke Anies

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)