Polri Cek Video Diduga Polantas Minta Duren ke Sopir Truk sebagai Ganti Tilang

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:16 WIB
Jakarta -

Beredar video seorang pria mengaku dimintai duren oleh personel Polisi Lalu Lintas (Polantas) dengan imbalan tak ditilang. Pria itu sedang menyopiri truk.

Video tersebut viral di media sosial. Pria tersebut mengarahkan sorot kamera ke kaca spion truk. Tampak seorang berseragam Polantas sedang bersama seorang pria di samping belakang truk.

"Posisi nggowo duren, di-njaluki. Tuh Pak, tuh duren-e. Posisi saya bawa duren. Tapi dimintain, (biar) nggak ditilang, nggak diapain," kata si perekam dalam video tersebut seperti dilihat detikcom pada Selasa (30/11/2021).

Menanggapi video viral Polantas minta duren itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya sedang mengecek video tersebut. Dia mengaku belum dapat memastikan di mana kejadian itu.

"Oh iya, video itu masih kami dalami. Kami belum tahu lokasinya di mana," ujar Ramadhan saat ditemui di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ramadhan menegaskan, jika omongan si perekam terbukti benar, Polantas yang ada dalam video tersebut akan dikenai sanksi. Ramadhan menyampaikan pimpinan Polri tak akan melindungi oknum.

"Ini masih samar-samar. Jadi Polri, dalam hal ini pimpinan Polri, tidak akan melindungi anggota yang melakukan. Oknum anggota Polri yang melakukan kesalahan akan ditindak. Jelas ya. Nanti kita sampaikan setelah ditelusuri," tuturnya.

"Setiap anggota Polri yang melakukan pelanggaran, dia akan mendapat risiko hukuman sesuai perbuatan. Apakah itu hukuman pidana, pelanggaran disiplin, atau pelanggaran kode etik. Tidak melihat pangkatnya," imbuh Ramadhan.

(drg/aud)