Tersangka Pengeroyok AKBP Dermawan Bertambah, Total Jadi 6 Orang

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 15:22 WIB
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyampaikan perkembangan kasus pengeroyokan ormas Pemuda Pancasila (PP) terhadap AKBP Dermawan Karosekali saat demo di gedung DPR RI. Total tersangka kini ada 6 orang.

"Hari ini kami sampaikan perkembangan pengeroyokan ada penambahan tersangka yang berhasil kita ungkap berdasar bukti CCTV," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Zulpan mengatakan pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan ini tidak hanya dilakukan oleh satu orang. Total saat ini sudah ada 5 orang tersangka baru yang ditangkap dan ditahan.

"Tersangka ini adalah anggota Pemuda Pancasila," ujarnya.

Para tersangka dijerat Pasal 170 KUHP dan/atau Pasal 212 KUHP dan/atau 216 KUHP dan/atau 218 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun 6 bulan.


Para tersangka adalah:
1. AS (18), perannya mengejar, menarik, pukul korban dengan tangan kosong
2. WH (35) memprovokasi dan mengejar korban
3. DH (23), perannya mengejar, memukul dan menendang korban
4. ACH (29), memukul korban dengan kayu
5. MDK (25) mengejar, menarik dan pukul dengan tangan kosong

Dari para tersangka ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, seperti atribut Pemuda Pancasila, handphone, dan kartu tanda anggota (KTA) para tersangka.

Sebelumnya, polisi telah menangkap satu pelaku inisial RC. RC ditangkap di lokasi demo di depan gedung DPR/MPR RI, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (25/11).

(mea/hri)