Polda Metro Terapkan CFN Malam Natal-Tahun Baru: Kami Akan Buat Jakarta Sepi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 12:15 WIB
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario untuk mengantisipasi kerumunan pada malam Natal dan tahun baru. Salah satu alternatifnya dengan menerapkan crowd free night (CFN).

"Persiapan untuk malam Natal dan tahun baru rencana kami adakan crowd free night," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Sambodo mengatakan CFN dirasa perlu diterapkan saat malam Natal juga di malam tahun baru untuk mencegah kerumunan terkait pandemi COVID-19 yang belum usai.

"Kami akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru, walaupun saat ini sudah PPKM level 1," katanya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)

Lebih jauh Sambodo menjelaskan, aparat kepolisian akan menerapkan CFN di sejumlah lokasi yang dinilai kerap dipakai untuk perayaan pergantian tahun. Penerapan CFN akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

"Tidak hanya di Jalan Sudirman-Thamrin, tapi juga tempat-tempat yang sering diadakan Tahun Baru juga kami adakan crowd free night seperti Ancol, Taman Mini, Kota Tua, Kemayoran, Kemang, Barito, BKT, lokasi-lokasi yang sering jadi perayaan pergantian tahun akan kami laksanakan crowd free night," ungkap Sambodo.

"Rencana laksanakan dari 19.00 WIB sampai 04.00 WIB," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sambodo menyebut pihaknya tidak akan melakukan penyekatan di ruas-ruas jalan di Jakarta. Pihaknya berencana akan mendirikan sejumlah check point untuk melakukan pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) kepada para pengguna jalan.

"Natal tak ada penyekatan, tapi kami akan laksanakan check point. Tapi apa yang kami cek, kami tunggu pemerintah apakah SIKM atau cukup dengan PeduliLindungi atau tempel stiker. Detail akan kami sampaikan jelang tanggal 24 Desember saat dimulai Operasi Lilin," tutur Sambodo.

Sebelumnya, sejumlah antisipasi mulai dilakukan dalam mencegah peningkatan mobilitas di masa libur Natal dan tahun baru. Polisi diketahui bakal menerapkan kebijakan crowd free night (CFN) di sejumlah titik di Jakarta saat malam tahun baru 2022.

"Kemungkinan kita akan melakukan crowd free night. Artinya, seperti malam tahun baru 2020 ke 2021, nanti pergantian malam tahun baru dari 2021 ke 2022 kita juga melakukan hal yang sama," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (22/11).

Saat ini teknis penerapan hingga titik yang akan diterapkan crowd free pada malam tahun baru 2022 tengah digodok pihak kepolisian. Sambodo mengatakan kebijakan itu nantinya diharapkan mencegah adanya kenaikan kasus COVID-19 selepas libur Natal dan tahun baru.

"Kita jaga setelah libur Nataru tidak jadi peningkatan COVID-19 yang signifikan," terang Sambodo.

(hri/hri)