Said Aqil: Jadwal Muktamar NU Belum Ditentukan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 09:40 WIB
Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj bertemu dengan Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun. Dalam pertemuan itu, Ketum PBNU ungkapkan dukungan untuk Palestina
Said Aqil (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mengatakan jadwal Muktamar ke-34 NU belum ditentukan. Pernyataan itu sekaligus merespons soal kabar Muktamar bakal digelar 17 Desember sesuai dengan surat perintah Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar.

"Pada intinya kita siap melakukan Muktamar. Kalau terkait tanggal dan hari kita belum tentukan. Makanya ini kita cek dulu kesiapannya. Yang Jelas kita siap mengadakan hajat NU ini," kata Said Aqil dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Pernyataan itu disampaikan Said Aqil saat meninjau langsung kesiapan lokasi dan tuan rumah Muktamar NU di kompleks Ponpes Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Senin (29/11). Said Aqil tidak menampik jika waktu pelaksanaan yang masih simpang siur alias belum ada keputusan definitif.

"Minggu-minggu ini kita akan adakan rapat dahulu bersama Jajaran kepengurusan PBNU," ujar Said Aqil yang juga bakal maju kembali sebagai calon ketua umum di Muktamar ke-34.

Disinggung soal kabar yang menyebutkan Muktamar NU bakal digelar 17 Desember sesuai dengan arahan Rais Aam, Said Aqil mengatakan adanya keinginan seperti itu sah-sah saja. Namun dia menjelaskan pihaknya akan bermusyawarah lebih dulu untuk menentukan tanggal yang tepat.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU Ahmad Ishomuddin menunggu instruksi dan surat resmi dari PBNU tentang Muktamar. Persiapan ditegaskan terus berjalan.

"Kalau progress persiapan kita tetap jalan sesuai dengan agenda," ujar Ishomuddin yang juga akrab disapa Gus Ishom.

Perihal progres pembangunan aula utama tempat dibukanya Muktamar, Gus Ishom menjelaskan pihaknya akan berupaya maksimal untuk mempercepat pembangunan.

"Mulai hari ini para pekerja akan lembur total untuk mengejar waktu penyelesaian," ujar dia.

(knv/tor)