Aturan Karantina di RI Diubah Buntut Corona Omicron Kian Mewabah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 21:37 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)

WNA Afrika Dilarang Masuk RI

Selain memperpanjang masa karantina, pemerintah menutup sementara masuknya WNA, baik secara langsung maupun transit atau yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi dalam kurun 14 hari dari Hong Kong dan sejumlah negara di wilayah Afrika, yaitu:

Afrika Selatan
Botswana
Angola
Zambia
Zimbabwe
Malawi
Mozambik
Namibia
Eswatini
Lesotho

Khusus untuk WNI yang datang dari 11 negara di atas, masih diizinkan masuk ke Indonesia. Namun mereka wajib menjalani karantina selama 14 hari dan menjalani tes ulang RT-PCR.

"Oleh karena itu, langkah-langkah pengetatan perbatasan dan kedatangan dari luar negeri ini diambil Pemerintah sebagai langkah waspada untuk mencegah atau menghambat varian omicron ini masuk ke Indonesia." ujar Luhut dalam konferensi pers yang sama dengan Budi.

Aturan tersebut berlaku mulai 30 November 2021. Adapun kebijakan ini mulai berlaku besok karena tidak tertutup kemungkinan sudah ada WNA yang dalam perjalanan ke Indonesia sehingga diberi waktu 1x24 jam sejak keputusan Satgas terbaru. Sedangkan aturan kebijakan karantina bagi yang sudah dalam perjalanan sesuai aturan Satgas.

"Bahwa aturan pelarangan masuk bagi orang asing ini berlaku efektif mulai besok 30 November 2021," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara, dalam keterangan tertulis, Senin (29/11).


(zap/dwia)