Kondisi Membaik, AKBP Dermawan Korban Massa PP Sudah Boleh Pulang

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 21:18 WIB
Jakarta -

Kondisi Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali mulai membaik usai dikeroyok anggota Pemuda Pancasila (PP). AKBP Dermawan telah diizinkan pulang dari RS Polri hari ini.

"Sudah bisa pulang, dilanjutkan rawat jalan. Baru pulang kayaknya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Senin (29/11/2021).

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Perawatan Medik dan Perawatan RS Polri Kombes dr Yayok Witarto mengatakan saat ini kondisi AKBP Dermawan sudah membaik.

"Kalau visum saya nggak bisa jelaskan detail yang jelas sudah ada perbaikan dari luka-lukanya di kepala. Intinya yang jelas membaik," terang Yayok.

Namun, Yayok menyebut AKBP Dermawan masih membutuhkan waktu untuk bisa pulih sepenuhnya. Apalagi salah satu luka yang diderita AKBP Dermawan ada di kepala sehingga membutuhkan penanganan khusus.

"Nanti lihat kondisi. Kalau trauma di kepala kan riskan ya. Itu kan butuh recovery," terang Yayok.

Terkait estimasi yang dibutuhkan AKBP Dermawan untuk pulih sepenuhnya, Yayok enggan berspekulasi. Menurutnya, kondisi AKBP Dermawan akan dipantau perkembangannya tiap pekan saat mulai menjalani rawat jalan.

"Kan nanti masih kontrol ya. Nanti pulang seminggu lagi kontrol. Nanti proses kontrol itu kita lihat progresnya gimana," ujar Yayok.

Pengeroyokan kepada AKBP Dermawan terjadi saat demo ormas Pemuda Pancasila yang berakhir ricuh di depan gedung DPR RI pada Kamis (25/11). Sejauh ini ada 16 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka demo ricuh tersebut, 15 di antaranya karena kepemilikan senjata tajam.

Satu tersangka ditangkap, berperan ikut mengeroyok AKBP Dermawan. Polisi mengungkapkan kemungkinan tersangka pengeroyokan masih bisa bertambah.

(ygs/mea)