Kebut Vaksinasi, Walkot Medan Targetkan 5.000 Siswa Divaksin/Hari

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 20:06 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution tinjau vaksinasi bagi pelajar di Kota Medan
Foto: Pemkot Medan
Jakarta -

Wali Kota Medan Bobby Nasution terus berupaya untuk melindungi masyarakat Medan agar tidak terpapar COVID-19. Salah satunya dengan gencar melaksanakan vaksinasi termasuk untuk kalangan pelajar.

Langkah ini dilakukan Bobby karena vaksinasi merupakan salah satu cara untuk dapat membentuk herd immunity, sehingga dapat menjaga imunitas tubuh seseorang. Apalagi di Kota Medan saat ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah berlangsung.

Untuk mencapai target cakupan vaksinasi pelajar Bobby Nasution menargetkan sebanyak 5.000 siswa di vaksin per harinya. Bobby Nasution juga menyebutkan bahwa persentase vaksinasi Kota Medan untuk pelajar sudah mencapai 90 persen lebih.

Dengan jumlah ini tentunya Kota Medan sudah mencapai target yang ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Selain itu Kota Medan juga masuk sebagai daerah tertinggi vaksinasi pelajar.

Menurut Bobby, percepatan vaksinasi bagi pelajar terus didorong akselerasinya guna mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. Apalagi saat ini pelajar sudah mulai mengikuti kembali PTM, tentunya dengan percepatan vaksinasi ini dilakukan demi memberikan perlindungan bagi pelajar.

Vaksinasi pelajar yang dilakukan Pemkot Medan tersebut diperuntukkan bagi siswa tingkat SMP atau sederajat. Sedangkan pelajar SMA atau sederajat di bawah kewenangan Pemprov Sumatera Utara (Sumut), sehingga vaksinasi dilakukan oleh Pemprov Sumut. Namun Bobby mengaku siap membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA.

"Meskipun pelajar SMA di bawah kewenangan Pemprov Sumut, Kami (Pemko Medan) siap membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA. Hal ini dilakukan guna memberi perlindungan bagi pelajar yang saat ini sudah mulai PTM. Sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah," Kata Bobby dalam keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Dalam upayanya untuk membantu vaksinasi pelajar SMA, Bobby Nasution telah meminta Dinas Kesehatan Kota Medan dan juga Dinas Pendidikan Kota Medan untuk mempersiapkan logistik vaksinasi dan melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumut sehingga pelajar SMA atau sederajat dapat segera di vaksin.

"Saya sudah minta Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan logistik vaksinasi bagi pelajar SMA. Selain itu juga Dinas Pendidikan juga telah diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemprov Sumut terkait dengan kesiapan Pemko Medan dalam membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA," jelas Bobby.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan dr Mardohar Tambunan menjelaskan sesuai arahan Wali Kota, Pemkot Medan siap membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA. Upaya yang dilakukan saat ini adalah mempersiapkan logistik vaksinasi dan melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumut.

"Kami (Dinas Kesehatan) telah menyediakan dan mempersiapkan segala bentuk dukungan seperti logistik vaksin dan tenaga kesehatan (nakes)," tuturnya.

Menurut dr Mardohar Tambunan, selain mempersiapkan logistik, pihaknya juga akan melakukan penyesuaian dan pengambilan data dari Dinas Pendidikan Kota Medan dan Dinas Pendidikan Pemprov Sumut.

"Setelah mereka tentukan SMA mana yang akan dilakukan vaksinasi, nantinya kita langsung lakukan pelaksanaan vaksinasi," imbuhnya.

(fhs/ega)