Hari Bakti PU 2021, Simak Sejarah Hingga Rangkaian Acara Tahun Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 17:27 WIB
Hari Bakti PU 2021 jatuh pada tanggal 3 Desember 2021 mendatang. Bagaimana awal mula sejarahnya?
Hari Bakti PU 2021, Simak Sejarah Hingga Rangkaian Acara Tahun Ini Foto: Dok istimewa
Jakarta -

Hari Bakti PU 2021 jatuh pada tanggal 3 Desember 2021 mendatang. Setiap tahunnya, peristiwa ini diperingati setiap tanggal 3 Desember guna mengenang sejarah pertempuran sengit di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

Dalam perjalanannya, Hari Bakti PU 2021 mempunyai sejarah yang panjang. Peristiwa ini diperingati tak lepas dari nama-nama pejuang yang gugur melawan pasukan Inggris. Karenanya, sampai saat ini nama-nama mereka masih diabadikan pada monumen batu di depan Gedung Sate.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Bakti PU 2021? Siapa saja tokoh yang gugur dalam melawan pasukan Inggris? Mari cari tahu jawabannya melalui ringkasan di bawah ini.

Hari Bakti PU 2021: Begini Asal Mula Sejarahnya

Mengutip situs PUPR, Hari Bakti PU 2021 berangkat dari peristiwa 75 tahun lalu. Saat itu, terjadi pertempuran dahsyat antara bangsa Indonesia dengan pasukan tentara sekutu Inggris. Saat itu, Gedung Sate hanya dipertahankan oleh 21 orang.

Dari 21 orang itu, ada beberapa pemuda pegawai Departemen PU. Ke-21 orang itu memberikan perlawanan sengit selama tiga jam. Pertempuran itu berlangsung pukul 11.00-14.00 WIB. Sayangnya, selama pertempuran berlangsung, bangsa Indonesia kalah dan Gedung Sate pun sempat jatuh ke pihak Inggris.

Dari peristiwa itu, ada tujuh tokoh Indonesia yang dinyatakan hilang. Sedangkan beberapa orang lainnya mengalami luka ringan hingga berat. Adapun ketujuh tokoh yang dinyatakan hilang yakni:

  1. Didi Hardianto Kamarga
  2. Suhodo
  3. Muchtarudin
  4. Rana
  5. Subengat
  6. Surjono
  7. Susilo.

Karena sejarah dan hilangnya ketujuh tokoh, sampai saat ini Hari Bakti PU masih diperingati. Bahkan, di depan Gedung Sate, ada monumen batu yang mengisahkan pertempuran dan nama-nama pejuang yang gugur dalam peristiwa tersebut.

Hari Bakti PU 2021: Melahirkan Sapta Taruna Kesatriannya

Masih mengutip situs PUPR, dari pertempuran bangsa Indonesia dengan sekutu Inggris, peristiwa ini turut mempersembahkan 'Sapta Taruna Kesatriannya' keharibaan Ibu Pertiwi. Peristiwa ini juga melahirkan Korps Pemuda/Pegawai Pekerjaan Umum yang mempunyai kesadaran sosial, jiwa kesatuan (Corp-geest), rasa kesetiakawanan (Solidaritas) serta kebanggaan akan tugasnya sebagai abdi masyarakat, khususnya dalam bidang pekerjaan umum.

Setelah tahu sejarah Hari Bakti PU 2021, simak rencana acara jelang tanggal 3 Desember 2021 mendatang. Cek di halaman selanjutnya ya.