Tiba di Balkot DKI, Massa Buruh Akan Bergerak Menuju Patung Kuda

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:05 WIB
Massa buruh tiba di Balai Kota (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Massa buruh tiba di Balai Kota (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi buruh dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aksi Bersama Rakyat (Gebrak) tiba di depan Balai Kota DKI Jakarta. Rencananya, massa akan bergerak menuju bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, untuk menggelar aksi.

Nining Elitos, Juru Bicara Gebrak sekaligus Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), menyampaikan massa akan bergerak menuju Bundaran Patung Kuda.

"Kita nanti akan gerak menuju Istana, tapi kayaknya disekat nanti di Patung Kuda. Jadi di sana mungkin aksinya," ujar Nining saat ditemui di depan Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021).

Pantauan detikcom di lokasi, tepatnya di depan Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021), terpantau massa Gebrak tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB. Massa tampak menggunakan atribut serba merah, seperti baju merah, bendera, serta spanduk berwarna merah.

Terdapat dua mobil komando. Sekitar pukul 14.40 WIB, massa Gebrak bergerak menuju Bundaran Patung Kuda.

Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, menuju arah Bundaran Patung Kuda kini ditutup. Tampak sejumlah cone berwarna oranye terpasang di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Namun begitu, arus lalu lintas dari arah sebaliknya tampak dalam kondisi normal dilintasi kendaraan.

Tampak jalan tersebut dipenuhi massa aksi. Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian tampak berjaga di sekitar lokasi.

Sebelumnya, ribuan personel gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi.

"1.499 personel gabungan TNI, Polri dan Pemda DKI," ujar Humas Polres Metro Jakarta Pusat Sam Suharto.

(rak/isa)