Gunung Ile Werung NTT Kembali Erupsi, Air Laut Sempat Naik

Idham Khalid - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:43 WIB
Penampakan Gunungapi Ile Werung, NTT beberapa pertengahan bulan November 2021.
Penampakan Gunung Api Ile Werung, NTT, pertengahan bulan November 2021. (DOK PVMBG)
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat gunung api Ile Werung di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami erupsi. Erupsi ini menyebabkan air muka laut sempat naik.

"Pada tanggal 29 November 2021 teramati erupsi dan bualan di perairan selatan di sekitar kompleks Gunungapi Ile Werung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Kejadian ini telah mengakibatkan naiknya muka air laut," tulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

PVMBG mengatakan warga juga melaporkan tinggi muka air sempat naik sekitar 1 meter kemarin.

"Menurut laporan warga, muka air laut sempat naik pada malam hari tanggal 28 November 2021 dengan ketinggian kurang dari 1 meter dan jarak jangkauan ke darat (inundasi) sekitar 30 meter," ujarnya.

PVMBG memaparkan stasiun pemantauan gunung api Ile Werung merekam kejadian erupsi mulai 28 November 2021 sejak pukul 21.52 Wita. Erupsi berlangsung sekitar 1 jam.

"Pada tanggal 29 November 2021 mulai pukul 05.17 Wita aktivitas letusan dan hembusan kembali terekam. Hingga saat ini aktivitas erupsi masih berlangsung namun belum menunjukkan peningkatan yang signifikan," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.