Gunung Ile Werung NTT Kembali Erupsi, Air Laut Sempat Naik

Idham Khalid - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:43 WIB
Penampakan Gunungapi Ile Werung, NTT beberapa pertengahan bulan November 2021.
Penampakan Gunung Api Ile Werung, NTT, pertengahan bulan November 2021. (DOK PVMBG)

Hasil pemantauan lapangan Pengamat Gunung Api Ile Werung pada 29 November 2021 pukul 08.29 Wita, asap letusan teramati setinggi lebih-kurang 100 meter dari muka laut disertai bualan. Secara visual, aktivitas bualan ini tidak terjadi di lokasi gunung api bawah laut Hobal. Lokasinya berada sekitar 1 km di sebelah selatan gunung api bawah laut Hobal dan kemungkinan besar masih berasosiasi dengan aktivitas kompleks gunung api Ile Werung.

"Menimbang bahwa aktivitas erupsi ini merupakan salah satu manifestasi aktivitas gunung api Ile Werung maka tingkat aktivitas gunung api Ile Werung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung mulai tanggal 29 November 2021 pukul 10.00 Wita," tuturnya.

Masyarakat direkomendasikan untuk sementara waktu menghindari aktivitas di sekitar pantai di sekitar area lokasi bualan. Warga juga diminta menghindari berlayar atau melaut di sekitar area tersebut untuk mengantisipasi potensi perubahan/kenaikan muka air laut.

"PVMBG terus melakukan pemantauan dan evaluasi aktivitas kompleks gunung api Ile Werung dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan sosialisasi," ujarnya.


(idh/imk)