Limbah Freeport Dapat Tumbuhkan Terong dan Jadi Batako, Kok Bisa?

Mustiana Lestari - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:38 WIB
pemanfaatan tailing Freeport
Foto: Grandyos Zafna

Tailing untuk Infrastruktur

Selain dimanfaatkan untuk pertanian, Freeport juga mendayagunakan tailing atau limbah tambang tersebut untuk membangun jalan dan gedung.

Pemanfaatan TailingPemanfaatan Tailing Foto: Grandyos Zafna

Sastro Siburian selaku Superintendent Tailings Utilization mengatakan Freeport juga memproduksi batako, paving block, ready mix hingga aspal filter. Beberapa ruas jalan di Timika diklaim menggunakan bahan tersebut, termasuk kantor bupati. Sastro mengatakan per hari ada 4 ton paving block yang diproduksi dengan 10 ton tailing.

"Sekarang trennya green mining bagaimana semangat KLHK bisa terwujud di Indonesia. Tambang itu terkenal merusak lingkungan image itu kita mau ubah, tambang juga bisa memperhatikan lingkungan dan menggunakan sisa produknya yang menunjang kehidupan masyarakat di sekitarnya," jelasnya.

Tim detikcom bersama MIND ID mengadakan program Jelajah Tambang berisi ekspedisi ke daerah pertambangan Indonesia. detikcom menyambangi kota-kota industri tambang di Indonesia untuk memotret secara lengkap bagaimana kehidupan masyarakat dan daerah penghasil mineral serta bagaimana pengolahannya. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/jelajahtambang.


(mul/akn)