Corona Klaster Sekolah, 113 Orang Siswa Diisolasi di Asrama Pekanbaru

Antara - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 07:00 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono-detikcom)
Pekanbaru -

Klaster penyebaran virus Corona di sekolah terjadi di Pekanbaru, Riau. Ada 113 orang murid di SMP Islam Terpadu (IT) Abdurrab yang positif Corona dan menjalani isolasi.

Dilansir dari Antara, Senin (29/11/2021), awalnya ada 54 orang siswa di SMP IT Abdurrab Pekanbaru yang terpapar COVID-19. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ada penambahan kasus menjadi 113 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan penambahan kasus positif di sekolah SMP IT Abdurrab tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap seluruh siswa dan guru serta petugas lainnya yang berada di asrama.

"Siswa yang positif sudah diisolasi di asrama dan dipisah dengan siswa yang negatif. Jadi yang negatif diisolasi dulu selama 5 hari di asrama. Setelah itu baru bisa dipulangkan," kata Mimi.

Mimi mengatakan mereka yang positif Corona saat ini dalam kondisi baik. Menurutnya, pelajar yang positif Corona itu telah menjalani vaksinasi.

"Semua siswa yang positif COVID-19 tidak bergejala. Mereka diperiksa rutin, uniknya semua yang terdeteksi positif sudah divaksinasi dua kali. Mudah-mudahan tidak ada yang parah," ujar Mimi.

Mimi mengingatkan semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona meski telah divaksin dosis lengkap. Dia mengatakan penggunaan masker masih diperlukan demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Jadi mari tetap disiplin prokes, 5M gunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan dan cegah mobilitas interaksi," kata dia.

Kasus Corona klaster sekolah ini membuat lonjakan kasus COVID-19 terjadi di Riau. Mimi mengatakan semua pihak harus waspada agar kasus Corona di Riau tidak melonjak lagi.

"Sekarang sudah mulai naik lagi ni kasus positif, di Dumai bertambah tujuh kasus, dari luar Provinsi tiga kasus. Jadi masyarakat tetap patuhi prokes. Kasus positif masih terus terjadi, perlu dilakukan pencegahan dengan disiplin prokes. Kita lihat berita di Eropa kasus naik tinggi seiring masuknya varian COVID yang baru lagi," tutur Mimi.

Hingga Minggu (28/11), terdapat 128.806 kasus Corona di Riau. Dari jumlah tersebut, 124.113 dinyatakan sembuh dan 4.116 orang meninggal dunia.

Simak video 'Sederet Antisipasi Pemerintah Tangkal Covid-19 Varian Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)