Sudirman Said di Rakornis PMI: JK Dorong Digitalisasi Operasi Kemanusiaan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 13:31 WIB
Sekjen PMI Sudirman Said membuka Rakornis PMI bidang organisasi di Lampung, Minggu (28/11/2021).
Foto: Sekjen PMI Sudirman Said (dok. Istimewa)

Selain Sudirman Said, Gubernur Lampung, Arinal Junaedi, juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pandangannya terhadap eksistensi PMI di wilayah yang dipimpinnya. Menurut Arinal, warganya memberikan respons positif terhadap kontribusi PMI dalam penanganan pandemi COVID-19 di Lampung.

"Peran PMI dalam berbagai kegiatan kemanusiaan sangat menonjol. Masyarakat Lampung memberi apresiasi positif, terutama dalam operasi penanggulangan COVID-19," puji Arinal saat membuka sambutannya.

PMI memang melakukan serangkaian kegiatan dalam membantu pemerintah menangani pandemi Corona di Lampung. PMI turut ambil bagian dalam pemenuhan alat pelindung diri dan berkontribusi dalam pembagian bansos.

"Di samping melakukan edukasi, membagikan alat-alat pelindung diri, donor darah dan donor plasma konvalesen, PMI Lampung juga bergerak bersama instansi terkait untuk memberikan bantuan-bantuan sosial," Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, saat memaparkan laporannya.

Menutup sambutannya, Sudirman Said menegaskan pentingnya menjaga reputasi organisasi kepalangmerahan. Sebab, kepercayaan itu yang membuat

"PMI hanya bisa bergerak bila dipercaya masyarakat. Menjaga reputasi akan membuat trust masyarakat menjadi tinggi. Dengan itulah kita diterima, didukung, dan bisa terus bekerja bersama masyarakat," tegas mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) itu.


(zak/van)