Tentang Demensia yang Jadi Penyebab Kecelakaan Bak GTA di Tol JORR

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 10:04 WIB
Dementia written in wooden cubes on a table from well ordered to chaotic
Ilustrasi Demensia (Thinkstock)

Demensia Dugaan Awal Pemicu Tabrakan

Sebagaimana diketahui, tabrakan di tol JORR itu bak adegan dalam permainan GTA. Polisi menduga pengemudi Mercy tersebut mengalami demensia.

"Sementara dugaan info awal yang bersangkutan dalam kondisi 'demensia' atau menurunnya kondisi kemampuan berpikir," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono kepada wartawan, Minggu (28/11/2021).

Argo menyebut hal ini diketahui setelah pihak keluarga menjemput pengemudi Mercy tersebut. Pihak keluarga mengatakan yang bersangkutan memang mengalami gejala penyakit tersebut.

"Terus, nggak lama setelah keluarganya datang, dijelaskan bahwa yang bersangkutan ada gejala-gejala kondisi seperti itu," kata Argo.

Kini pengemudi Mercy lawan arah bak GTA tersebut telah dikembalikan kepada pihak keluarga. Nantinya, hari Senin akan dilakukan pemeriksaan oleh kepolisian dengan didampingi oleh ahli kejiwaan.

"Iya nanti kita pertimbangkan untuk pendampingan dari ahli kejiwaan atau psikiater. Karena kan kalau nanti ditanya-tanya, treatment-nya harus beda," jelas Argo.

Kronologi

Diketahui kecelakaan terjadi pada Sabtu (27/11/2021), sekitar pukul 17.00 WIB kemarin. Mobil Mercy itu melawan arah dari Selatan ke Utara sehingga menabrak mobil Honda Mobilio dan Kijang Innova.

"Kendaraan Honda Mobilio dan Innova datang dari Cakung, tiba-tiba ada kendaraan sedan melawan arus," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno kepada wartawan, Sabtu (27/11/2021).

Mobil Mercy bernomor polisi B-1125-KAD dikemudikan oleh pria berinisial MSD (67). Ketiga kendaraan mengalami kerusakan di bagian depan.


(rdp/gbr)