Kisah Dermawan Dokter Rinal Terima Pasien Tanpa Pikir Keuntungan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 07:00 WIB
Jakarta -

Pada umumnya, seorang dokter umum di sebuah klinik pasti menentukan harga pengobatan setiap pasiennya. Tapi berbeda bagi dokter satu ini.

Dokter ini malah menyerahkan pembayaran kepada pasiennya alias seikhlasnya. Sungguh dermawan bukan?

Dokter dermawan itu adalah dokter Rinal Dhuhri. Kisahnya banyak diperbincangkan di media sosial. Dia menjadi sorotan karena tidak memasang tarif bagi pasien yang berobat kepadanya.

dokter Rinal Dhuhridokter Rinal Dhuhri (Foto: Nahda-detik)

dokter Rinal membuka praktik di Jalan Jatimulya Nomor 30, Cilodong, Kota Depok, Sabtu, (27/11/2021). Tempat dokter Rinal praktek seperti pada klinik lainnya di depan ada plang yang bertuliskan "Praktek Dokter. dr Rinal Dhuhri. SIP: 446.1/14939/SDK/X11/2017. Buka Senin s/d Minggu".

Simak fakta-fakta terkait dokter Rinal:

Berasal dari Aceh

dokter Rinal ini berasal dari Aceh. Dia memutuskan untuk membuka praktek dengan memasang tarif seikhlasnya karena melihat keadaan warga sekitar yang tidak mampu.

"Saya mulai berobat seikhlasnya di sini karena saya berpikir dulu saya membuat konsultasi gratis, saya liat keadaan di sini nggak semua menengah ke atas, apalagi masa pandemi ya ekonomi mereka, biaya hidup mereka cukup besar untuk makan aja susah," kata Rinal Dhuhri saat ditemui di tempat praktiknya.

Pasien yang Berobat dari Berbagai Daerah

Menurut Rinal, pasien yang berobat di kliniknya itu berasal dari sejumlah daerah. Tidak hanya dari Depok, tapi juga ada yang dari Bogor.

"Kalau dibilang pasien sih bisa dari mana aja. Ada dari Kabupaten Bogor. Dari luar Depok ada," jelas Rinal.

Rinal juga menjelaskan segala jenis penyakit akan ditangani sesuai SOP profesi dokter. Namun, Rinal juga mengatakan jika tidak bisa, Rinal akan menyarankan untuk diperiksa lebih lanjut dan dirujuk ke tempat lain.

Bagi pasien yang hendak berobat, klinik dokter Rinal ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian akan buka kembali pukul 18.30 WIB sampai 21.00 WIB. Untuk konsultasi dan biaya obat itu dibayar seikhlasnya.

"Iya bayar seikhlasnya (konsultasi dan biaya obat)," katanya.

Lihat juga video 'Hari Dokter Nasional: Apresiasi Bagi Dokter Hebat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak cerita lain dari dokter Rinal, simak halaman berikut