Bamsoet Ambil Hikmah dari Kecelakaan Reli: Bisa Tahu Perjuangan Atlet Balap

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 22:36 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan pembalap nasional, Sean Gelael, mengalami kecelakaan saat mengikuti ajang Sprint Rally Meikarta 2021, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Usai kecelakaan, Bamsoet mengungkapkan kondisinya dan Sean aman.
Bamsoet selamat usai kecelakaan (Foto: (Tangkapan layar)
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan pembalap nasional Sean Gelael selamat dari kecelakaan saat mengikuti Kejuaraan Nasional Sprint Rally, Slalom dan Drifting 2021 di Meikarta, Bekasi, Jawa Barat. Bamsoet mengatakan dia selamat karena tingkat keamanan mobil yang berskala internasional dan sikap Sean yang cepat tanggap dari kecelakaan itu.

"Alhamdulillah saya serta Sean selamat tanpa mengalami luka-luka. Selain karena kendaraan Citroen C3 R5 yang terkenal memiliki tingkat safety level internasional, yang di homologasi World Rally kelas 2, saya dan Sean bisa selamat dari kecelakaan karena Sean yang berada di balik kemudi bisa tetap tenang walau posisi mobil terbalik," kata Bamsoet dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (27/11/2021).

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) lantas memuji Sean yang sigap mengambil keputusan saat kecelakaan itu. Bamsoet mengatakan dirinya dikeluarkan dari mobil oleh Sean tanpa bantuan orang lain.

"Bahkan Sean keluar membalikkan sendiri mobil yang miring, sementara saya tetap berada di dalam dan Sean membantu saya keluar tanpa bantuan orang lain," jelasnya.

Lebih lanjut, Bamsoet menyebut dirinya tak meragukan mental Sean sebagai pembalap kelas dunia. Dia menyebut Sean tetap tenang meski mobil terbalik.

"Di situ saya menyaksikan langsung mental Sean sebagai pembalap level dunia. Meski mobil terbalik, ia tetap tenang. Menanyakan keadaan saya, dan kemudian mengarahkan agar saya tidak bergerak, Sean keluar mobil dulu, baru membantu saya keluar dari mobil," ujarnya.

Eks ketua DPR itu menjelaskan, walaupun mengalami kecelakaan di pengalaman pertamanya mengikuti sprint rally, dirinya tetap bahagia. Sebab, menurut Bamsoet setiap kegiatan apapun yang dilakukan, pasti tidak lepas dari resiko, termasuk resiko kecelakaan.

"Pengalaman berkesan yang tidak akan terlupakan. Bukan karena kecelakaannya, melainkan karena bisa mengetahui bagaimana rasanya perjuangan para atlet saat berada di lintasan balap. Apalagi jika sedang berjuang di kejuaraan internasional untuk mengharumkan nama bangsa," jelas Bamsoet.