Polisi Selidiki Motif Pria Bekasi Tempelkan Kelamin ke Buku Doa

Marteen Ronaldo - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 15:49 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Supriyadi
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Supriyadi (Marteen Ronaldo/detikcom)
Bekasi -

Pria inisial BF ditangkap polisi atas dugaan penistaan agama. Polisi kini masih menyelidiki motif pelaku menempelkan kelamin ke buku kumpulan doa tersebut.

"Latar belakang dan motivasi pelaku sedang kami selidiki," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi kepada wartawan di Mapolres Metro Bekasi Kota, Sabtu (27/11/2021).

Aloysius menjelaskan pelaku diamankan pada Jumat (26/11) kemarin. Polisi mengamankan pria tersebut untuk menghindari amukan warga.

"Pelaku langsung diamankan pada kemarin sore di kediamannya oleh jajaran Satreskrim Polres Bekasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kegaduhan di masyarakat," imbuhnya.

Polisi kemudian melakukan pemeriksaan awal kepada pelaku. Selanjutnya polisi akan melakukan observasi kejiwaan pelaku.

"Sudah dilakukan pemeriksaan awal dan juga telah dilakukan observasi awal kepada yang bersangkutan," imbuhnya.

Saat ini pelaku masih diperiksa polisi. Dia dijerat dengan pasal 45 ayat (2) juncto pasal 28 ayat (2) dan atau Pasal 45 ayat (1) juncto, Pasal 27 ayat (1) Undang-undang ITE Nomor 19 Tahun 2016 dengan ancaman kurungan penjara paling lama 6 tahun penjara.

Video Viral

Video viral itu berdurasi 56 detik. Awalnya video itu memperlihatkan seorang pria yang sedang merekam dirinya.

Pria itu kemudian mengarahkan kamera handphone miliknya ke arah celananya. Pria tersebut kemudian membuka ritsleting celananya dan mengeluarkan alat kelaminnya, lalu menempelkan kemaluannya pada buku atau kitab tersebut.

(mea/hri)