Public Information Center Diharap Perluas Akses Informasi Warga Garut

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 14:25 WIB
PIC Pemkab Garut
Foto: Pemkab Garut
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi publik bagi masyarakat Kabupaten Garut. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan menghadirkan Public Information Center (PIC) Garut melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Garut.

Merespons hal ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan, mendukung program PIC Garut yang digagas oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Garut, Yeni Yunita. Menurutnya, hadirnya PIC Garut menjadi upaya pemerintah daerah dalam memberikan akses informasi seluas-luasnya ke masyarakat.

"Selaku Bupati Garut saya memberikan dukungan atas program perubahan dari Ibu Yeni Yunita, Kabid di Diskominfo Kabupaten Garut, (dan juga) peserta Diklat PIM III Kementerian Dalam Negeri yaitu Public Information Center, ini membuktikan keseriusan Pemda untuk memberikan akses seluas-luasnya dalam menghimpun dan menyebarkan segala informasi kepada masyarakat, melalui media-media online atau pun media-media lain yang bersifat elektronik maupun bersifat langsung," ujar Rudy dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2021).

Bupati Garut Rudy GunawanBupati Garut Rudy Gunawan Foto: Pemkab Garut

Sementara itu, Yeni menjelaskan program ini merupakan salah satu wujud dari pemenuhan hak publik terhadap informasi. Ia menilai PIC Garut juga mendukung kegiatan pemerintahan yang transparan.

"Tentu saja potensi PIC ini bagi lembaga pemerintahan ke depannya sangat besar, terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi, ketika kondisi itu berjalan maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik, dan lalu lintas pertukaran informasi pun akan cepat, tepat, dan akuntabel," ucap Yeni.

Selain menyediakan akses informasi, kata Yeni, PIC juga menjadi salah satu media dalam menerima informasi dari masyarakat. Adapun informasi ini nantinya dapat disebarluaskan kembali melalui PIC Garut.

"(Pembentukan PIC) memiliki tujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas pemerintah daerah khususnya dalam penyebarluasan informasi dan keterbukaan informasi publik untuk masyarakat, sebaliknya juga untuk menampung informasi pembangunan yang disampaikan oleh publik untuk disebarluaskan kembali (atau) pertukaran informasi," ungkapnya.

Di samping itu, Yeni juga menyampaikan PIC hadir sebagai wujud implementasi fungsi diseminasi informasi publik dari Diskominfo Garut. Dalam hal ini, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi dari pemerintah pusat hingga daerah.

"Juga ini manfaatnya sebagai fungsi diseminasi informasi publik, bahwa kewajiban Kominfo untuk menyebarluaskan kebijakan-kebijakan baik pemerintah pusat, provinsi, dan daerah, lalu fungsinya juga untuk pertukaran informasi, untuk pelayanan informasi, dan untuk komunikasi publik," tandasnya.

(ncm/ega)