Pemkot Tangerang Gelar Virtual Job Fair di Setiap Kelurahan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 10:36 WIB
Virtual Job Fair Pemkot Tangerang
Foto: Pemkot Tangerang
Jakarta -

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat Kota Tangerang. Salah satunya dengan menggelar Virtual Job Fair di tingkat kota dan di setiap kelurahan di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan upaya ini sejalan dengan penanganan persoalan pengangguran. Hal ini ia sampaikan saat meninjau gelaran Job Fair bersama wakilnya Sachrudin di Kelurahan Poris Plawad Indah, Jumat (26/11).

"Ini menjadi komitmen nyata dari kami Pemerintah Kota Tangerang untuk bisa memperluas kesempatan kerja untuk warga Kota Tangerang dan tentunya mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat," ucap Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2021).

Dikatakan Arif, pandemi COVID-19 memberi dampak besar bagi dunia usaha. Ia menjelaskan banyak perusahaan yang harus berhemat, mengurangi ongkos produksinya dan merumahkan para pegawainya. Hal ini membuat jumlah pengangguran meningkat, termasuk di Kota Tangerang.

"Di mana menurut data dari BPS tingkat pengangguran terbuka di Kota Tangerang mencapai 103.357 jiwa yang semula 97.344 jiwa, ada kenaikan sebesar 0,44%," katanya

"Kenaikan ini dampak dari karyawan yang di PHK mencapai 9.516 jiwa, di luar lulusan SLTA yang belum bekerja atau tidak melanjutkan sekolah," lanjutnya.

Meski demikian, Arief mengatakan kenaikan angka pengangguran ini tidak separah tahun 2019-2020 yang sebesar 1,49 %. Hal ini menunjukkan tren positif lantaran angka kenaikan tingkat pengangguran perlahan menurun.

"Kita berharap bahwa angka penurunan yang kita lihat dari tahun 2019 sampai saat ini mulai menunjukan tren menuju arah pemulihan ekonomi," ungkap Arief.

Selain menggelar Job Fair, Pemerintah Kota Tangerang melalui Balai Latihan Kerja juga telah menggelar pelatihan bagi masyarakat Kota Tangerang. Pelatihan ini, kata Arief, dapat membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan dan berwirausaha mandiri.

"Di mana Pemerintah Kota Tangerang melalui BLK pada tahun 2021 ini telah melatih 350 peserta dengan berbagai kompetensi yang linier dengan kebutuhan industri," paparnya.

Lebih lanjut, Arief mengatakan saat ini data BPS menunjukkan jumlah penduduk Kota Tangerang yang bekerja mengalami kenaikan. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh kerja sama Pemkot Tangerang bersama dunia usaha dan pelaku pendidikan.

"Tahun 2020 yang bekerja sebanyak 1.030.255 orang menjadi 1.038.183 orang di tahun ini, ada kenaikan hampir 8.000 orang yang sudah bekerja," pungkasnya.

(ncm/ega)