Kerumunan Selebgram Herlin Kenza Berujung Tuntutan Denda Belasan Juta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 06:46 WIB
Herlin Kenza
Selebgram Herlin Kenza (Foto: dok. Instagram/@herlinkenza)
Aceh -

Kasus kerumunan selebgram Herlin Kenza, sedang berjalan di persidangan. Herlin dinilai bersalah terkait kerumunan di Lhokseumawe, Aceh, dan dituntut hukuman membayar denda Rp 15 juta.

Dikutip dari situs Pengadilan Lhokseumawe, Jumat (26/11/2021), sidang tuntutan terhadap Herlin dan pemilik toko grosir Koko Suhada digelar pada Kamis (25/11). Keduanya diadili dalam berkas perkara terpisah.

Dalam persidangan, jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Lhokseumawe menyatakan terdakwa Herlin terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana secara bersama sama-sama melakukan perbuatan yang tidak memenuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam dakwaan tunggal Pasal 93 Undang-Undang RI No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

"Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Herlin binti Baiturrahman berupa pidana denda sejumlah Rp 15 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama dua bulan," tuntut Jaksa.

Tuntutan yang sama juga dibacakan terhadap Koko. Dia juga dituntut pidana denda Rp 15 juta. Sidang keduanya bakal dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembacaan putusan.

Untuk diketahui, polisi menetapkan Herlin sebagai tersangka dalam kasus kerumunan saat mempromosikan toko di Lhokseumawe, Aceh. Meski Herlin berstatus tersangka, polisi tidak menahannya.

"Nggak ditahan karena ancaman hukuman cuma 1 tahun," kata Winardy, Senin (26/7).

Simak juga Video: Geger! Video Guru-Siswa Sukabumi Joget Berkerumun saat PPKM Level 3

[Gambas:Video 20detik]