Gubsu Edy-Walkot Bobby Rapat Bahas Penanganan Banjir di Medan, Ini Hasilnya

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 20:03 WIB
Foto: Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi (dok. Istimewa)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi melakukan rapat bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution membahas penanganan banjir. Apa hasil dari rapat itu?

"Iya, kita menyatukan kondisi sungai dari mulai hulu ke hilir," kata Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Jumat (26/11/2021).

Selain Edy dan Bobby, rapat diikuti perwakilan Kementerian PUPR serta sejumlah kepala daerah yang ada di Sumut. Edy mengatakan Kementerian PUPR ini yang nantinya akan mengecek langsung kondisi sungai.

"Ada yang dari Tebing Tinggi hulunya, mana yang harus dibenerin. Besok beliau dari PUPR, Dirjen Perairan, akan meninjau langsung. Meninjau langsung ke Medan, meninjau hulunya Medan berarti Deli Serdang. Dia tinjau," ujar Edy.

Selain menangani sungai di Medan, kata Edy, perwakilan Kementerian PUPR juga akan mencari solusi untuk menangani banjir dengan pembenahan sungai di daerah lain yang ada di Sumut. Pekerjaan ini akan dilakukan dengan tiga tahapan.

"Itulah tadi untuk memastikan, yang pastinya mana pekerjaan-pekerjaan yang segera, jangka menengah, dan jangka panjang," tutur Edy.

Edy mengatakan dalam proses perbaikan sungai untuk menangani banjir juga akan ada koordinasi dengan pihak terkait lainnya. Dia menjelaskan langkah awal yang akan dilakukan adalah meminimalkan potensi terjadinya banjir.

"Penanganan darurat agar meminimalisir banjir," jelas Edy.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.