Jalan Amblas Usai Diguyur Hujan, Akses Antardesa di Asahan Sumut Terputus

Perdana Ramadhan - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 17:18 WIB
Kondisi jalan di Asahan, Sumut, amblas hingga memutus akses dua desa
Kondisi jalan di Asahan, Sumut, amblas hingga memutus akses dua desa (Foto: dok. istimewa)
Asahan -

Tingginya curah hujan ditambah kontur tanah yang labil membuat jalan di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), amblas. Akibatnya, jalan tersebut tak bisa dilalui kendaraan dan akses antardesa di lokasi terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Asrul Wahid, mengatakan longsor yang mengakibatkan amblasnya jalan itu terjadi pada Kamis (25/11) malam. Sebelum jalan amblas memang di daerah tersebut diguyur hujan seharian.

"Longsoran hingga amblasnya jalan terjadi di ruas Jalan Mantap penghubung Desa Silau Jawa dan Gotting Sidodadi, putus total akibat longsor sepanjang kurang-lebih 30 meter," kata Asrul saat dimintai konfirmasi wartawan, Jumat (26/11/2021).

Dia mengatakan tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya, BPBD saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah desa mempersiapkan jalan alternatif melalui perkebunan sawit di sana.

"Ini sedang di lapangan. Upaya sementara pengalihan lalu lintas jalan alternatif masyarakat melalui kebun sawit," ucapnya.

Sementara itu, Camat Bandar Pasir Mandoge, Muliadong, menambahkan amblasnya jalan mengakibatkan arus listrik terputus di satu desa karena kabel tertimbun longsoran.

"Jalan itu berdampingan dengan jurang, makanya rawan longsor. Mayoritas masyarakat di sini sebagai petani kebun membuat jalan ini harus segera diperbaiki dan sudah dilaporkan ke Pemkab Asahan. Sekarang masyarakat melalui jalan alternatif dari kebun sawit untuk melintas," imbuhnya.

(fas/fas)