2 Sholawat agar Doa Dikabulkan, Amalan Utama Hari Jumat

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 15:29 WIB
Ribuan warga Yaman memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Sanaa pada Senin (18/10). Perayaan besar itu diselenggarakan Houthi di tengah perang dengan pro-pemerintah yang kian sengit.
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW. 2 bacaan sholawat agar doa dikabulkan sebagai amalan hari Jumat. (Foto: Screenshoot AFP)
Jakarta -

Sejumlah umat muslim tentunya berharap bahwa doa-doa yang kita panjatkan selama ini dapat diperkenankan oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam firmanNya surat Al Baqarah ayat 186,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Namun, dalam berdoa juga perlu diperhatikan adab atau pun amalan pengiring lain yang dapat membantu doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Salah satunya dengan membaca sholawat pengantar doa yang disampaikan oleh mendiang Syekh Ali Jaber.

"Untuk hajat kita, melunasi hutang, untuk kesungguhan, untuk mendapat keturunan, hafal Al Quran, atau apapun hajat kita, sholawat adalah salah satu kunci mengabulkan hajat kita di sisi Allah," ujarnya dalam unggahan video dakwah melalui kanal YouTube Majelis Kaligangsa, seperti yang dilihat detikcom pada Jumat (26/11/2021).

Syekh Ali Jaber kemudian menjelaskan tata cara membacanya berikut dengan bacaan sholawat yang dapat membantu doa-doa kita didengar oleh Allah SWT.

Sholawat pertama adalah sholawat Ibrahimiyah, yang dibaca sebanyak sepuluh kali. Kemudian, disusul dengan membaca sholawat Jibril sebanyak seratus kali.

"Diawali dengan sepuluh kali sholawat Ibrahimiyah, selepas itu baca sholawat Jibril," tutur dia.

Berdasarkan penuturannya, bagi pembaca sholawat Ibrahimiyah sebanyak sepuluh kali dan sholawat Jibril seratus kali tersebut, akan diberikan ganjaran berupa rahmat Allah SWT dan syafaat Nabi Muhammad SAW.

"Hanya kita baca sepuluh kali dapat seratus rahmat dari Allah SWT, belum lagi dapat syafaat dari Nabi Muhammad. Berarti nama kita akan tertulis sebagai hamba yang mendapat syafaat Nabi Muhammad," papar dia.

Meskipun demikian, kata Syekh Ali Jaber, pada dasarnya jumlah bacaan sholawat tidak dibatasi. Tetapi yang perlu diingat adalah jumlah bacaan sholawat yang kita lafalkan akan dikalikan dengan sepuluh kali rahmat dari Allah SWT.

"Seberapa pun banyak sholawat kita akan dapat sepuluh kali rahmat. Satu kali sholawat, sepuluh kali rahmat. Seratus kali sholawat akan dapat seribu kali rahmat. Seribu kali sholawat akan dapat sepuluh ribu rahmat, dan silakan kita milih mau berapa banyak," jelasnya.

"Masa kita keberatan membaca lima belas menit yang akan membuat kita mendapat seribu kali rahmat dan nama kita tertulis mendapat syafaat Nabi Muhammad," tambahnya lagi.

Adapun bacaan sholawat yang dimaksud oleh Syekh Ali Jaber beserta dengan bacaan latin dan artinya adalah sebagai berikut,

2 Bacaan Sholawat agar Doa Dikabulkan Allah SWT

1. Sholawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan latin: Allahumma shalli 'alaa muhammad wa'ala aali muhammad kama shallaita 'ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid

Artinya: "Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia,"

2. Sholawat Jibril

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Bacaan latin: Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Untuk waktu membacanya, ulama kelahiran kota Madinah ini mengatakan, bacaan sholawat di atas lebih utama dibaca pada malam Jumat atau pun hari Jumat. Berikut dengan keutamaan lain yang mengiringinya.

"Dan semakin banyak sholawat kepada rasul, khususnya malam Jumat dan hari Jumat, semakin terjamin diampuni dosa kita, diangkat kesusahan, dilunasi hutang, dan dapat syafaat Nabi Muhammad SAW," kata dia.

Nah, jadi jangan lupa lafalkan bacaan sholawat di atas ya, detikers!

(rah/row)