Densus 88 Bongkar Bengkel Didanai JI untuk Pasok Senjata Api Rakitan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 11:23 WIB
Kabag Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Aswin Siregar
Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar (Dias/detikcom)
Jakarta -

Densus 88 Antiteror Polri menyebut pihaknya juga menemukan aliran dana kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) ke kelompok selain 'Sasana'. Densus mengungkapkan JI turut membiayai sebuah bengkel.

"Yang lebih jelas misalnya seperti mengalirnya dana itu ke sebuah bengkel," ujar Kabag Banops Densus 88 Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Aswin mengatakan keterlibatan bengkel ini terbongkar setelah Densus melakukan penangkapan terhadap teroris JI. Dalam penangkapan tersebut, Densus menyita senjata api rakitan dari para tersangka, yang ternyata berasal dari 'bengkel' yang dimaksud.

"Ternyata ditemukan setelah ada penangkapan ada senjata rakitan yang ditemukan. Ternyata itu (senjata api) berasal dari bengkel tersebut," tuturnya.

Sementara itu, kata Aswin, Densus mendapati bengkel yang dibiayai JI memang menerima dana untuk membuat rakitan senjata api.

"Dan bengkel tersebut memang menerima dana yang dipakai untuk membuat duplikat-duplikat atau rakitan-rakitan, bagian-bagian dari senjata api gitu," kata Aswin.

Sebelumnya, Densus 88 mendeteksi adanya aliran dana dari kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) ke sebuah kelompok bernama 'Sasana'. Para kader JI dilatih di Sasana untuk latihan fisik hingga bela diri.

"Densus juga menemukan ada aliran dana ke sebuah kelompok yang disebut dengan 'Sasana', yang kegiatannya latihan-latihan fisik, bela diri," ujar Kabag Banops Densus 88 Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Jumat (26/11).

Aswin mengatakan aliran dana dari JI ke Sasana itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teroris JI. Nantinya, kemampuan yang didapat dari hasil belajar di Sasana bakal digunakan untuk melawan aparat.

(drg/dhn)