Video 20Detik

Kisah Kevin Strickland, 43 Tahun Dipenjara Meski Tak Bersalah

Ashri Fathan - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 06:38 WIB
Jakarta -

Kevin Strickland (62) akhirnya bisa hidup sebagai manusia bebas setelah 43 tahun dipenjara. Ironisnya, ia dibebaskan setelah peninjauan ulang oleh hakim menyatakan bahwa selama ini ia tidak bersalah.

Kisah mengharukan Kevin Strickland mencuri perhatian internasional. Ia dibebaskan di usia 62 tahun, padahal ia tak pernah melakukan kejahatan yang didakwakan.

Tidak, saya tidak berpikir hari ini akan datang. Maksudku, tidak sebelum saya mendapatkan tim hukum ini, saya tidak mengira demikian. Apa yang saya pikirkan di penjara hari ini sebelum ini terjadi? Saya sebenarnya sedang menonton sinetron. Dan sesuatu terjadi, berita baru atau apa pun sebutannya, dan saya tidak percaya apa yang saya dengar,", ujar Kevin Strickland.

Hakim di Missouri memerintahkan pembebasan Strickland pada Selasa (23/11). Ia divonis pada 1979 silam dengan dakwaan pembunuhan di Kansas.

Strickland dituduh membunuh tiga orang yang digantung kemudian ditembak. Salah satu korban yang selamat mengidentifikasi Strickland adalah salah satu dari 4 pelaku, namun pada akhirnya pernyataannya ditarik.

Strickland kini jadi napi terlama yang dipenjara secara keliru di AS. Ia pun berterima kasih kepada hakim yang telah meninjau kembali putusannya.

"Terima kasih telah meninjau semua bukti yang menentang saya sejak awal. Saya sangat menghargai dia meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memahami apa yang sebenarnya terjadi pada tahun 1978 dan bagaimana, Anda tahu, saya adalah sasaran yang mudah dan polisi memanfaatkannya,", tutupnya.

(aro/aro)