Anis Matta Usul Parliamentary-Presidential Threshold Ditiadakan

ADVERTISEMENT

Anis Matta Usul Parliamentary-Presidential Threshold Ditiadakan

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 21:38 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia H. Anis Mata (Sui Suadnyana/detikcom)
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia H Anis Matta (Sui Suadnyana/detikcom)
Denpasar -

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengusulkan agar ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) di Pemilu 2024 dihapus. Menurutnya, hal itu menghambat partisipasi.

"Kita berharap bahwa seharusnya angka (parliamentary) threshold ini bisa ditiadakan, begitu juga untuk pilpresnya, karena itu juga bisa menghambat partisipasi," kata Anis Matta kepada wartawan saat Simakrama Partai Gelora di Denpasar, Kamis (25/11/2021) malam.

Meski demikian, Anis Matta mengatakan Partai Gelora Indonesia kini mempunyai target agar dapat lolos dari parliamentary threshold pada Pileg 2024 mendatang. Dia bahkan menyebut bisa melampaui ambang batas parlemen 4 persen.

"Untuk legislatif kita tentu membuat target yang lebih definitif (yaitu) melampaui threshold, threshold-nya sekitar 4 persen," terang Anis Mata.

Anis Matta menuturkan Partai Gelora juga telah memiliki kepengurusan lengkap di 34 provinsi dan di 514 kabupaten dan kota. Dia mengklaim partainya memiliki kepengurusan hampir di 90 persen dari 7.235 kecamatan dan 13 persen dari 83 ribuan desa dan kelurahan.

"Begitu juga kadernya sekarang sudah ada lebih dari setengah juta dan setiap hari bertambah sekitarnya 2.000 sampai 3.000-an. Jadi ini kita bersyukur ini ada penerimaan yang luas atas Partai Gelora ini," ungkapnya.

Menurut Anis Matta, kader Partai Gelora mewakili demografi penduduk di Indonesia, terutama keragaman dari segi agama. Paling dominan kader berusia 18-44 tahun.

"Secara umur ini juga yang paling dominan adalah umur 18-44 tahun. Jadi ini mewakili juga komposisi demografi di Indonesia," terangnya.

"Artinya alhamdulillah Partai Gelora ini benar-benar partai rakyat, karena memang menghilangkan, kita meruntuhkan tembok penyekat dan mulai menjembatani," lanjut Anis Matta.

Di sisi lain, Anis Mata juga menjelaskan bahwa tujuan Partai Gelora salah satunya ingin mengubah situasi krisis menjadi peluang. "Caranya adalah dengan membuat suatu cita-cita nasional baru, yaitu menjadi Indonesia sebagai lima besar negara dunia. Dari sini kemudian kita mencoba merumuskan peta jalan baru Indonesia," ucapnya.

(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT