ADVERTISEMENT

Jangan Kaitkan Mistis! Ini Fenomena di Balik Langit Jakarta Sore Tadi

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 19:56 WIB
Langit Jakarta, Kamis (25/11) Siang Diambil dari Setiabudi, Jaksel
Langit Jakarta, Kamis (25/11) Siang Diambil dari Setiabudi, Jaksel (Dok. Gilang Ramadhan)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan tentang fenomena langit yang tidak biasa pada sore hari tadi. BMKG menyebut fenomena langit menutupi cahaya itu terjadi karena ada fenomena optik.

"Itu fenomena biasa, fenomena optik di atmosfer di mana sinar matahari terhalang oleh sistem awan, dan sebagian cahaya matahari tersebut ada yang dipantulkan, dan menyebabkan efek pancaran cahaya seperti di foto seolah-olah bagian belakang awan menjadi bercahaya," jelas Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin, saat dimintai konfirmasi, Kamis (25/11/2021).

Miming menjelaskan, fenomena langit tersebut adalah normal. Dia juga meminta masyarakat tidak berspekulasi.

"Fenomena tersebut merupakan fenomena yang normal dalam ilmu meteorologi dan tidak perlu dikaitkan dengan hal-hal mistis atau tidak masuk akal lainnya," ucapnya.

Diketahui, warga Jakarta ramai mengunggah foto langit yang tak biasa menjelang sore hari ini. Foto itu menunjukkan awan menutupi cahaya di langit.

Salah satu warga bernama Lailani, yang bekerja di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, membagikan ceritanya kepada detikcom. Laila sempat mengabadikan momen awan menutupi cahaya di langit

Laila mengatakan foto awan itu diambil dari kantornya di Plaza Mutiara, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Fenomena awan itu terjadi pada pukul 14.52 WIB, Kamis (25/11).

Selain Lailani, ada warga bernama Gilang Ramadhan yang sempat menyaksikan fenomena awan aneh tersebut. Gilang juga menyebut fenomena awan itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB

Gilang juga mengabadikan momen itu dari kantornya di Centennial Tower, Setiabudi, Jakarta Selatan. Menurut Gilang, fenomena itu terjadi kurang-lebih selama 10 menit.

(zap/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT