detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: SDA Jaksel Pastikan Proyek Galian Jl Gatsu Dipercepat

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 18:11 WIB
Galian di depan Disdik DKI Jakarta, Jl Gatsu, 19 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Galian di depan Disdik DKI Jakarta, Jl Gatsu, 19 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Jakarta -

Galian-galian di Jl Jenderal Gatot Subroto Jakarta Selatan masih terus dikerjakan. Kemacetan tak terelakkan di masa PPKM Level 1 Jakarta membuat warga berharap galian tersebut kelar secepatnya. Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan memastikan proyek itu cepat selesai.

"Pastinya seperti itu, harus dipercepat karena pembangunan infrastruktur bisa langsung bermanfaat untuk pengendalian banjir," kata Kepala Suku Dinas SDA Jaksel, Mustajab, kepada detikcom, Kamis (25/11/2021).

Galian Dinas SDA DKI itu memang ditujukan untuk #CegahBanjir. Saat ini Jakarta memasuki musim hujan, namun kemacetan di jalan protokol itu juga tidak terelakkan. Sedianya proyek itu ditargetkan kelar pada akhir Desember. Warga berharap proyek itu bisa lebih cepat selesai.

Ada dua titik galian, yakni di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan dan di depan Balai Kartini hingga Dinas Pendidikan DKI di Kuningan, Jakarta Selatan. Pukul 18.00 WIB, terpantau di Google Maps, ada kemacetan menjelang lokasi galian itu.

Kemacetan mengular sampai Slipi dan berujung di BPJS Ketenagakerjaan atau sekitar 5,5 km. Indikator warna merah pekat di Google Maps menunjukkan kendaraan-kendaraan berjalan lambat di petang waktu pulang kantor ini.

Macet akibat galian di Jl Jenderal Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, 22 November 2021, sore. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Macet akibat galian di Jl Jenderal Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, 22 November 2021, sore. (Marteen Ronaldo P/detikcom)

Warga setempat bernama Syahroni mengamati proyek galian di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan, Jl Gatsu, sudah berlangsung sebulan. Kemacetan adalah pemandangan sehari-hari yang dia selalu temui meski sudah jengah.

"Sudah lama juga ini galiannya, dan selama itu juga sering banget macet di sini. Setiap mau berangkat kerja ataupun pulang kerja pasti kena macet di sini," kata Syahroni di atas motornya saat ditemui detikcom di lokasi pada Jumat (19/11) pekan lalu.

(dnu/dnu)