Demo Buruh 25 November 2021, Ini Kabar dari DKI-Jabar-Jateng

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 11:40 WIB
Demo buruh 25 November 2021 dilakukan di berbagai daerah hari ini.
Demo buruh 25 November 2021 di Jakarta (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Demo buruh 25 November 2021 dilakukan di berbagai daerah hari ini. Buruh ramai-ramai turun ke jalan untuk protes kenaikan UMP yang dirasa kurang.

Sebelumnya diketahui bahwa serikat buruh di berbagai wilayah Indonesia menolak penetapan upah minimum tahun 2022. Penolakan tersebut disebabkan oleh upah minimum dihitung berdasarkan PP 36 Tahun 2021 yang menginduk kepada UU Cipta Kerja.

Tak hanya terjadi di DKI Jakarta, demo buruh juga terjadi di wilayah lain seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Lebih lanjut, simak informasi demo buruh 25 November 2021 yang telah kami rangkum.


Demo Buruh 25 November 2021: Buruh Tolak Kenaikan UMP Rata-rata 1,09%

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi buruh dilakukan karena menolak keras kenaikan UMP yang rata-rata hanya 1,09%.

"Kira-kira 60 federasi serikat pekerja tingkat nasional bersama 6 konfederasi serikat pekerja tingkat nasional menyatakan menolak keras penetapan nilai UMP dan UMK yang hanya naik rata-rata secara nasional cuma 1,09%," tutur Iqbal.


Demo Buruh 25 November 2021: DKI Jakarta

Demonstrasi buruh di Jakarta dipusatkan di bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB. Diperkirakan 6.000 buruh akan hadir dalam demonstrasi tersebut.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan akibat demo. Beberapa ruas jalan akan ditutup. Berikut rinciannya:

  • Patung Kuda mengarah Utara ditutup.
  • Harmoni arah selatan.
  • Lingkungan yang mengarah ke Istana kecuali bagi pihak yang berkepentingan


Demo buruh 25 November 2021 yang dilakukan massa buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, sempat sedikit memanas. Massa menabrakkan mobil komando ke kawat berduri yang menutup jalan karena mereka ingin demo di depan Mahkamah Konstitusi (MK).

Demo Buruh 25 November 2021: Jawa Barat

Demo buruh direncanakan digelar di Gedung Sate Kota Bandung siang ini (25/11/2021). Massa yang turun bertujuan untuk mengawal pembacaan putusan UU Cipta Kerja oleh Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPSI) Jawa Barat Roy Jinto Ferianto menyebut, pihaknya telah mengutus sekitar 3.000 buruh untuk mengawal langsung di MK. Sedangkan 2.000 buruh akan melakukan aksi di Gedung Sate.

"Terkait agenda pembacaan putusan UU Cipta Kerja besok KSPSI Jabar meminta kepada MK agar memberikan putusan yang seadil-adilnya dengan membatalkan UU Cipta Kerja karena UU Cipta Kerja tersebut sangat merugikan kaum buruh dengan mendegradasi hal-hal buruh, terbukti salah satu contoh adalah mengenai pengupahan dimana banyak daerah yang tidak mengalami kenaikan upah minimum tahun 2022," kata Roy dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/11/2021).


Demo Buruh 25 November 2021: Jawa Tengah

Massa buruh direncanakan melakukan unjuk rasa di Jawa Tengah. Terdapat dua titik yang akan dijadikan lokasi. Berikut rinciannya:

  1. Kota Semarang
    Rute: bundaran Simpang Lima - Jalan Pahlawan depan Kantor Gubernur Jateng.
  2. Kabupaten Banyumas
    Rute: Jalan dr. Angka - Ahmad Yani - depan kantor DPRD Kabupaten Banyumas.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, pihaknya memfasilitasi dan mempersiapkan keamanan supaya unjuk rasa dapat berjalan dengan aman. Pihak kepolisian berharap massa buruh tetap menjaga protokol kesehatan.

"Aksi buruh dikawal, pengamanan untuk rekan-rekan buruh sudah disiapkan. Polri akan berupaya memfasilitasi agar aspirasi buruh dapat disalurkan," tutur Iqbal pada Rabu (24/11/2021).

"Masih ada potensi penyebaran COVID. Agar bisa jaga prokes saat penyampaian pendapat di muka umum," tambahnya.

Penjelasan KSPI soal demo buruh 25 November 2021 dapat disimak di halaman selanjutnya.