HUT PGRI, Komisi X DPR Dorong Rekrutmen Guru Honorer Jadi PPPK Tuntas di 2021

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 11:15 WIB
Pelajar memberikan ucapan selamat dengan memeluk gurunya seusai upacara peringatan hari guru nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di MTsN Model, Banda Aceh, Aceh, Senin (25/11/2019). Peringatan hari guru nasional yang bertepatan dengan HUT ke-74 PGRI menjadi momentum memberikan penghargaan dan ungkapan terima kasih kepada guru yang telah mendidik serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia generasi penerus pembangunan bangsa. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc.
Foto ilustrasi peringatan Hari Guru Nasional. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Dia menilai program rekrutmen sejuta guru honorer menjadi guru PPPK berpotensi berlarut. Lantas, lanjut dia, diperlukan pengawalan dari stakeholder pendidikan, mulai dari organisasi guru, aktivis pendidikan, hingga para wakil rakyat.

"Program ini harus dikawal sehingga pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek, KemenPAN-RB, hingga Badan Kepegawaian Negara (BKN), bekerja sungguh-sungguh untuk fokus menyelesaikan rekrutmen sejuta guru honorer menjadi PPPK," katanya.

Politisi PKB itu menyebut persoalan krusial lain yang menghambat program rekrutmen sejuta guru honorer ini adalah masalah anggaran.

"Upaya memastikan 20 persen dana APBN untuk pendidikan untuk fungsi pendidikan ini memang menjadi persoalan tersendiri karena banyak masalah krusial di bidang pendidikan yang tak kunjung tuntas karena persoalan anggaran," pungkas dia.


(zak/zak)