Bamsoet Bocorkan 5 Calon Venue Balap Formula E Jakarta

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 22:25 WIB
Jakarta - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) membeberkan lima calon venue balap Formula E Jakarta. Lima calon venue balap itu akan diajukan ke Presiden Jokowi.

"Antara lain Sudirman, kemudian PIK, sekitaran JIS, JIExpo Kemayoran, terakhir di Ancol. Jadi ada 5 yang kita ajukan ke Presiden. Kira-kira mana yang beliau sarankan, plus-minus dari wilayah-wilayah," ujar Bamsoet dalam jumpa pers, Rabu (24/11/2021).

"Kita harapkan event ini bisa meningkat banyak pariwisata. Penggemar otomotif dunia hadir di sini dan disiarkan lebih dari 150 televisi dunia dan disaksikan ratusan minimal lebih dari 1,8 miliar seperti yang kemarin di Mandalika," sambungnya.

Sementara itu, co-founder Formula E, Alberto Longo, mengatakan lima calon venue balap belum diputuskan. Pihaknya masih akan melakukan peninjauan.

"Untuk diputuskan sirkuitnya di mana karena ada banyak sekaki lokasi yang bagus. Terlalu banyak opsi yang baik. Ada lima lokasi yang berbeda beda yang tapi bukan yang terlarang (GBK dan Monas) yang tadi Bapak Bambang Soesatyo sebutkan. Jadi kita akan melakukan semacam feasibilities untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Syarif, memberikan isyarat lokasi venue Formula E. Syarif mengungkap Formula E akan diselenggarakan di kawasan utara Jakarta.

"Dari lima alternatif itu, saya berpendapat itu di kawasan utara Jakarta yang memungkinkan. Cenderung, hampir bisa dipastikan ke sana, tapi tergantung kajian analisis panitia," kata Syarif saat dihubungi.

Syarif enggan mendahului keputusan JakPro dan FEO selaku penyelenggara Formula E. Yang jelas, alasan pemilihan kawasan Jakarta Utara adalah mudah mengatur rekayasa lalu lintas serta pengaturan keluar-masuk penonton saat pertandingan berlangsung. (idn/isa)