Ke Papua Pekan Depan, Jenderal Andika: Harus Tahu Tanggung Jawab Lebih Luas

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 19:17 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berjanji fokus menyelesaikan konflik di Papua. Andika akan terbang ke Papua pada pekan depan.

"Tetapi sesuai dengan janji saya, paling lambat nanti setelah saya tiba di Papua minggu depan," kata Andika kepada wartawan di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2021).

Andika menyebut dirinya sudah menyiapkan diri untuk terbang ke Papua. Dia menegaskan paling lambat minggu depan.

"Tapi yang jelas saya sudah menyiapkan dan saya pasti akan menjelaskan, paling lambat minggu depan," ujarnya.

Andika menerangkan keberangkatannya ke Papua sebagai masa orientasi setelah menjabat Panglima TNI. Dia mengatakan harus mengetahui tanggung jawab yang lebih luas.

"Orientasi, jadi saya rasa semua pejabat juga harus memahami walaupun sudah lama menjadi perwira angkatan darat kan dengan tugas yang lebih besar, tanggung jawab yang lebih luas, kita juga perlu tahu," kata Andika.

"Sama halnya seperti yang saya lakukan, saya melakukan orientasi, baik internal di TNI maupun keluar," sambungnya.

Pada kesempatan lain, Andika menemui Ketua DPD RI LaNyalla Mattaliti sore tadi. Dia menyebut kedatangannya juga termasuk masa orientasi, yakni membuka saran terhadap seluruh aspek.

"Dan sore ini saya menghadap Bapak Ketua DPD RI dalam rangka itu juga, ingin mengetahui apa yang mungkin beliau ketahui atau ingin sampaikan kepada saya sebagai hal yang perlu menjadi perhatian," katanya.

(azh/idn)