AHY: Kondisi SBY di AS Berangsur Membaik Pasca-operasi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 17:58 WIB
AHY (Nahda Rizki Utami/detikcom)
AHY (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menjalani operasi kanker prostat di Amerika Serikat. Saat ini kondisi SBY berangsur membaik.

"Alhamdulillah, kondisi Bapak SBY di Amerika Serikat berangsur membaik, pasca-operasi yang dijalankannya beberapa saat yang lalu," kata Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melalui siaran video yang ditayangkan di DPP PD, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (24/11/2021).

AHY mengatakan proses pemulihan SBY disebabkan penanganan yang baik. Selain itu, persiapan mental maupun fisik SBY cukup prima.

"Selain karena penanganannya yang baik, lancarnya proses pemulihan kesehatan Pak SBY juga karena ditunjang oleh kesiapan mental maupun fisik beliau yang cukup prima," jelas AHY.

Selanjutnya, AHY mengatakan dirinya dan keluarga sepakat melakukan yang terbaik demi kesembuhan SBY. Tak lupa, AHY juga tetap fokus memimpin dan menjalankan tugas-tugas kepartaian.

"Saya dan Mas Ibas, dengan dukungan istri dan anak-anak kami, memang sudah sepakat, untuk melakukan apa pun yang terbaik bagi kesembuhan Bapak SBY," tutur AHY.

"Sambil tetap fokus memimpin dan menjalankan roda organisasi, serta tugas-tugas kepartaian. Saya terus mengawal dan menyemangati Pak SBY, agar proses recovery bisa berjalan lebih cepat," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, SBY sedang dalam masa pemulihan setelah menjalani operasi pengangkatan kanker prostat di Mayo Clinic, Amerika Serikat. SBY mengatakan dirinya mengambil risiko besar untuk menjalani operasi.

"Apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya. Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki sejumlah risiko, saya tahu dan pada usia saya yang ke-72 tahun ini, risiko itu bertambah besar," kata SBY di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, seperti dalam video yang diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono seperti dilihat detikcom, Selasa (23/11).

SBY mengatakan dirinya memutuskan mengambil risiko itu setelah berkonsultasi dengan tim dokter. SBY mengatakan operasi pengangkatan kanker prostat itulah yang paling tepat.

"Namun saya sudah mengambil keputusan dan telah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia utamanya tim dokter kepresidenan yang merawat kesehatan presiden, wakil presiden serta mantan-mantan presiden dan wakil presiden bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya, paling tepat," sebutnya.

Lebih lanjut, SBY juga mengatakan pihak Mayo Clinic juga berpendapat bahwa melakukan operasi adalah keputusan yang paling tepat. Hal itu didasari hasil patologi kanter yang diderita SBY.

"Pihak Mayo Clinik sudah berpendapat demikian setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya, maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme bahwa pada saatnya apa yang saya alami bisa diatasi dan bisa kembali normal," sebutnya.

Simak video 'Ucapan Terima Kasih SBY Didoakan Jokowi Hingga Megawati':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)