Kurir Bawa Kabur MacBook Rp 67 Juta Pakai Topeng Saat Verifikasi Akun Ojol

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 13:41 WIB
Jakarta -

Polisi mengungkap adanya jual-beli akun driver ojek online (ojol) di kasus penggelapan MacBook Rp 67 juta. Pelaku RF (25) diketahui menggunakan topeng wajah saat verifikasi akun ojol yang dia beli tersebut.

"Untuk topeng wajah atau foto wajah pemilik asli akun driver ojol untuk verifikasi wajah pada saat login ID akun driver ojol," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Zulpan menjelaskan awalnya tersangka RF mendapatkan akun ojol dari temannya, tersangka HS (39). Sementara itu, HS mendapatkan akun ojol tersebut dari orang yang menjual akun ojol.

"Setelah tersangka RF beli akun driver ojol, tersangka RF mendapatkan SIM card yang terdaftar pada akun driver Gojek tersebut," katanya.

Namun, jika si penjual akun tidak menyertakan nomor ponsel, tersangka mengaktifkan akunnya dengan nomor ponsel miliknya. Nah, untuk verifikasi wajah, tersangka menggunakan topeng foto wajah si pemilik akun ojol.

"Jika penjual akun tidak memberikan SIM card, HS bertugas mengubah nomor HP yang tercantum pada akun driver ojol menjadi nomor HP tersangka dan HS mengaktifkan akun ojol agar mendapat orderan," katanya.

Akun ojol ini kemudian digunakan tersangka RF untuk menerima orderan. Dia mengincar konsumen yang mengorder barang-barang elektronik.

"Setelah dapat orderan, khususnya barang elektronik, seperti HP, laptop, CPU, dan lain-lain dari customer, oleh tersangka tidak diantarkan ke orang yang berhak menerima, melainkan digelapkan," jelasnya.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....