Pabrik Dua Kelinci Kebakaran, Ini 8 Kabar Terbarunya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 10:32 WIB
Pabrik dua kelinci kebakaran pada Selasa (23/11). Belasan mobil damkar pun dikerahkan guna memadamkan api.
Pabrik Dua Kelinci Kebakaran, Ini 8 Kabar Terbarunya Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta -

Pabrik Dua Kelinci kebakaran pada Selasa (23/11). Belasan mobil damkar pun dikerahkan guna memadamkan api.

Berlokasi di Pati, Jawa Tengah, pabrik Dua Kelinci kebakaran disinyalir karena munculnya api dari oven. Hingga pagi tadi, petugas masih di lokasi lantaran api belum padam.

Bagaimana kabar terbaru pabrik Dua Kelinci yang terbakar? Mari simak ulasan di bawah ini.

Pabrik Dua Kelinci Kebakaran: Belum Padam hingga Pagi Tadi

Pabrik Dua Kelinci kebakaran masih berlangsung hingga pagi tadi. Titik api masih menyala di ruang bagian oven.

"Sampai dini hari tadi, kondisinya masih sama. Petugas masih berkutat di lokasi. Api hanya di bagian oven. Namun kita bahasakan pendinginan. Karena, selain di ruang oven, semuanya sudah proses pendinginan," papar Kasatpol PP Pati Sugiyono kepada detikcom, Rabu (24/11/2021).

Dia menambahkan, khusus ruang oven memang tidak bisa dijangkau karena tertutup rapat. Namun, di sisi lain, kondisi itu justru tidak berimbas risiko merembetnya api.

"Masih sama, bagian oven yang sulit ditembus air. Terlebih di sana ada kacang, banyak," terangnya.

Pabrik Dua Kelinci Kebakaran: Belasan Mobil Damkar Dikerahkan

Insiden pabrik Dua Kelinci kebakaran membuat belasan mobil damkar dikerahkan ke lokasi. Selain milik Satpol PP, mobil damkar disalurkan dari sejumlah perusahaan, termasuk daerah tetangga.

"Menerjunkan delapan mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Pati. Selain itu ada bantuan dari sejumlah perusahaan, termasuk dari daerah tetangga. Ada bantuan mobil pemadam dari Garudafood, Djarum, BPBD Kudus, PT Nojorono, BPBD Jateng, PMI, semua bersama-sama turut memadamkan" kata Sugiyono kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (23/11).

Pabrik Dua Kelinci Kebakaran: Ada Karyawan Pingsan

Meski kebakaran pabrik Dua Kelinci tidak menelan korban jiwa, namun seorang karyawan dilaporkan pingsan saat kebakaran terjadi. Petugas medis pun langsung menanganinya.

"Informasi sementara, tidak ada korban jiwa. Awalnya ada satu karyawan yang pingsan, tapi sudah ditangani petugas medis," papar Sugiyono.

Pabrik Dua Kelinci Kebakaran: Pertama Kali Muncul Dari Mesin Oven

Senior HRD Manager PT Dua Kelinci Tofan Rudiyanto menyebutkan pabrik Dua Kelinci kebakaran bermula dari api yang pertama kali muncul dari atas mesin oven yang berada di atas ruang pengemasan. Api cepat menyebar karena ada di ruang packing ada barang-barang yang mudah terbakar.

"Api cepat membesar karena ada barang-barang yang mudah terbakar. Di bagian ruang packing, ada material kemasan plastik dan bahan baku kacang," kata Senior HRD Manager PT Dua Kelinci Tofan Rudiyanto kepada wartawan, Selasa (23/11).

Pabrik Dua Kelinci kebakaran pun masih diselidiki. Sebab, kata Tofan, pihaknya belum mendata bagian pabrik mana saja yang ludes terbakar. Sejauh ini, yang baru diketahui adalah kantor, gudang pengemasan, dan sebagian gudang.

Pabrik Dua Kelinci Kebakaran: Api Muncul Siang Hari

Api diduga muncul sekitar pukul 11.15 WIB. Akibat kebakaran pabrik Dua Kelinci, pemadaman dilakukan oleh petugas gabungan.

Petugas gabungan yang terlibat dalam kebakaran pabrik Dua Kelinci juga dibantu oleh karyawan setempat untuk memadamkan api. Saat pemadaman, suasana cukup dramatis, karyawan pun berlarian keluar dari pabrik. Sebagian dari mereka ada yang keluar-masuk pabrik sembari membawa dus detergen bubuk untuk dicampurkan air guna mempermudah proses pemadaman.

Kabar terbaru soal pabrik Dua Kelinci kebakaran bisa disimak di halaman selanjutnya.