Wali Kota Parepare Lapor soal Pembangunan ke Jokowi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 20:26 WIB
Pemkot Parepare
Foto: dok. Pemkot Parepare
Jakarta -

Wali Kota Parepare Taufan Pawe ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karalloe, di Gowa, Sulawesi Selatan. Dia mengaku kehadirannya tersebut diminta oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Saya sebenarnya tidak masuk pada agenda ini. Tetapi karena ada ketua umum (Airlangga Hartarto) saya hadir, saya diminta untuk mendampingi," ujar Ketua DPD I Golkar Sulsel ini dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Dalam peresmian bendungan itu, Taufan turut melaporkan pembangunan Kota Parepare kepada Jokowi. Salah satunya Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) dan Pasar Induk Beras Parepare pertama di luar Jawa.

"Saya melapor terkait pelantikan Rektor ITBH. Terus Pak Jokowi ngomong saya baca (pemberitaan ITBH). Pak Jokowi ngomong lagi janji saya sudah lunas yah. Terus saya tanya lagi, kapan ada waktu Pak untuk peresmian Pasar Induk Beras di Parepare. Pasar itu satu-satunya di luar Pasar Induk Beras Cipinang," tuturnya.

Selain itu, Ketua Ormas MKGR Sulsel ini turut melaporkan perkembangan Partai Golkar Sulsel ke Airlangga Hartarto, baik secara struktur maupun program-program yang telah dilakukan. Dia menilai Airlagga turut mengapresiasi kekompakan kader Golkar pada acara tersebut.

Mengingat peresmian ini hanya dihadiri tiga kepala daerah di Sulsel yang semuanya kader Golkar. Di antaranya Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Bupati Gowa Adnan Purichta dan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

"Mungkin ketua umum berpendapat wilayah yang dikunjungi ini wilayah Golkar. Seperti beliau yang katakan tadi Jeneponto ketua Golkar, Gowa kader Golkar dan saya juga pimpinan DPD I," katanya.

"Kami hadir dan dan alhamdulillah saya melihat apa yang terjadi pada hari ini berkat dukungan bapak Bupati Jeneponto juga sebagai ketua DPD II Golkar. Saya menganggap inilah tatanan pemerintahan paling baik. Presiden tadi tersenyum merasa bangga meresmikan bendungan wilayahnya di Gowa, tapi yang nikmati adalah rakyat Jeneponto," jelasnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (23/11). Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (AH).

Bendungan ini dapat mengairi lahan pertanian seluas 7.000 hektar di Kabupaten Jeneponto, meskipun lokasinya berada di Gowa.

"Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp 1,27 triliun hari ini Alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan," ujar Jokowi dalam peresmian tersebut.

Usai meresmikan bendungan, Jokowi, Airlangga Hartarto, Andi Sudirman Taufan Pawe, dan Iksan Iskandar menuju Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto melakukan penanaman jagung bersama petani. Disana, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) turut hadir.

(prf/ega)