Tinjau Vaksinasi di Natuna, Mahfud Ingatkan Tak Euforia Saat Libur Nataru

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 19:06 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
Menko Polhukam Mahfud Md meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Mahfud mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat tidak euforia saat menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru).

"Saya juga ingin mengingatkan semua kita jangan lengah. Sekarang kita sedang tersenyum dan diberi apresiasi oleh seluruh dunia Indonesia ini, termasuk yang baik menangani COVID ini. Tetapi presiden mengingatkan bahwa kita harus tetap hati-hati waspada, diimbau masyarakat juga jangan terlalu euforia dengan keberhasilan yang sudah kita capai dan jangan juga terlena pada tahun ini, nanti bulan depan itu akan ada libur Natal, kemudian kegembiraan akhir tahun menyambut tahun baru dan sebagainya yang oleh pemerintah disingkat nataru, hari natal dan tahun baru," kata Mahfud di Gedung Sri Serindit, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (23/11/2021).

Dalam acara tersebut, Mahfud melakukan pemantauan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Mahfud tampak berkeliling melihat peserta vaksinasi.

Mahfud menuturkan, saat libur Nataru, biasanya banyak kegiatan perayaan yang dilakukan masyarakat. Untuk itu, dia meminta masyarakat dapat menahan diri.

"Itu ada libur biasanya yang bisa dinikmati dengan berbagai kegiatan yang sifatnya agak berpesta gitu, nah sekarang ini ditahan dulu, jangan sampai muncul ledakan ketiga sampai nanti betul-betul aman," ujarnya.

Mahfud mengatakan kondisi COVID di Indonesia saat ini sudah cukup aman. Namun, kata Mahfud, tetap harus dikendalikan.

"Pemerintah nanti tentu akan mengumumkan kalau sudah aman. Sekarang ini sudah bagus, tetapi tetap harus dikendalikan dulu," ucapnya.

Mahfud mengatakan, berdasarkan data yang diterima, vaksinasi tahap satu dan dua di Kabupaten Natuna sudah mencapai lebih dari 80 persen. Dia menyebut pemerintah menargetkan vaksinasi COVID-19 secara nasional bisa mencapai 70 persen.

"Tadi saya melihat yang sudah vaksinasi tahap satu sekitar 90 persen atau 92, kemudian yang sudah dua kali sekitar 86-87. Target kita nasional 70 (persen) akhir tahun ini sudah bagus," tuturnya.

Lebih lanjut Mahfud mengapresiasi vaksinasi di Kabupaten Natuna karena berjalan cukup baik. Bahkan, menurut Mahfud, vaksinasi di sana sudah mencapai target.

"Mewakili satgas pusat dan pemerintah saya mengapresiasi pemerintah provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Natuna berdasar data yang kami peroleh dan hasil pantauan pelaksanaan vaksinasi di lapangan berjalan dengan sagat baik, memuaskan, karena sudah jauh melampaui target akhir tahun," imbuhnya.

(dek/dwia)