Sudirman Said: COVID-19 Membuat Kita Melek pada Teknologi Pembelajaran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 13:12 WIB
Sekjen PMI Sudirman Said saat meresmikan SSLC (Dok. PMI)
Sekjen PMI Sudirman Said saat meresmikan SSLC (Dok. PMI)
Jakarta -

Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said bicara tentang pentingnya melek teknologi pembelajaran di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, COVID-19 menciptakan kebiasaan-kebiasaan baru di masyarakat.

Hal ini disampaikan Sudirman Said saat bersama Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Kelas Pembelajaran Digital di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (23/11/2021). Fasilitas bernama Samsung Smart Learning Class (SSLC) ini didirikan di tiga sekolah di Palu. SSLC diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan berbasis digital di Indonesia.

Sudirman Said mengatakan, meski pembelajaran tatap muka (PTM) mulai digelar, model pembelajaran digital tetap diperlukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

"Pandemi membuka mata kita untuk melakukan kebisaan-kebiasaan baru. Mulai dari kebiasaan pakai masker, menjaga kebersihan, cara kerja baru, sampai kebiasaan belajar yang tidak harus selalu bertatap muka. Pandemi memang mulai melandai, tapi kebiasaan kebiasaan baik ini bisa diteruskan," ujarnya.

"Dalam hal pembelajaran, pemanfaatan teknologi tidak saja lebih efisien, tetapi juga mendorong anak-anak peserta didik membiasakan diri dengan kemajuan teknologi," Sambung Sudirman.

PMI menyampaikan apresiasi kepada Samsung yang telah menyumbangkan sarana belajar berbasis teknologi, kepada sekolah-sekolah di Palu. Keberadaan SSLC di SDN Tatura 1, SDN 2 Panau, dan MTs Al-Khairat diharapkan akan meningkatkan efektivitas kegiatan belajar.