Arahan Lengkap Jokowi Antisipasi Lonjakan Corona Jelang Nataru dan KTT G20

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 17:46 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan setidaknya 5 arahan dalam rapat terbatas (ratas) yang digelar sore ini. Salah satu arahannya, Presiden Jokowi meminta jajarannya menyampaikan perihal lonjakan kasus COVID-19 di Eropa, yang menjadi rujukan pemerintah dalam menerapkan PPKM level 3 saat Natal dan tahun baru.

"Yang ketiga, mengenai rencana penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia pada saat Natal dan tahun baru, ini agar dikomunikasikan dengan baik pada masyarakat. Sampaikan mengenai perkembangan kasus-kasus kenaikan kasus yang ada di Eropa. Ini penting sekali sebagai sebuah background dari keputusan yang akan kita ambil," kata Presiden Jokowi saat membuka ratas, seperti ditayangkan di kanal YouTube Setpres, Senin (22/11/2021).

Selain itu, Presiden Jokowi memberikan arahan khusus untuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Jokowi meminta Menkes agar memastikan kesiapan rumah sakit guna mengantisipasi lonjakan kasus Corona di akhir 2021 dan awal 2022.

Presiden Jokowi juga mengingatkan soal target vaksinasi di akhir 2021. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta TNI dan Polri turut mengamankan vaksinasi untuk lansia.

"Yang terakhir, mengenai vaksinasi betul-betul agar target yang telah kita berikan, 70 persen di akhir tahun betul-betul bisa tercapai, saya minta proaktif, jemput bola dan juga datangi masyarakat. Dan saya minta back up dari TNI dan Polri, utamanya untuk yang lansia betul-betul dilakukan," ucap Jokowi.

Arahan lengkap Presiden Jokowi di halaman berikutnya.