Menkes: Survei Herd Immunity Seribu Desa Akan Jadi Landasan Kebijakan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 17:10 WIB
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah tengah menjalankan survei untuk mengetahui apakah herd immunity atau kekebalan komunal terhadap virus Corona sudah terbentuk di Indonesia atau belum. Nantinya, hasil survei itu akan menjadi landasan kebijakan pemerintah.

"Survei antibodi di 34 provinsi dan 1.000 desa sudah dijalankan, kerja sama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Dalam Negeri," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lewat siaran pers via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/11/2021).

Survei herd immunity ini juga melibatkan sejumlah perguruan tinggi yang memiliki ahli-ahli epidemiologi. Hasil survei bakal segera diketahui.

"Diharapkan Desember ini selesai, sehingga kita bisa lihat di minggu ketiga atau keempat Desember laporan lengkap dari hasil serum prevalen survei seluruh kabupaten kota di Indonesia, seluruh provinsi Indonesia," kata dia.

Budi Gunadi Sadikin menjelaskan hasil survei itu bisa menjadi bekal pengambilan keputusan pemerintah untuk menangani pandemi COVID-19. Pemerintah juga akan menjadikan survei herd immunity itu sebagai survei rutin per semester.

"Sehingga kita memiliki kontrol dasar pengambilan kebijakan ke depannya," kata Budi.

Simak video 'Laju Vaksinasi di RI Turun Dalam 3 Minggu, Ini Penyebabnya':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dhn)