Panglima TNI Singgung Anggaran soal Marinir Dipimpin Jenderal Bintang 3

Wildan Noviansyah - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 13:37 WIB
Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa. Acara berlangsung dalam upacara sertijab di Mabes TNI, Jakarta Timur.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bicara soal rencana Komandan Korps Marinir (Dankomar) dijabat perwira tinggi (pati) bintang 3. Dia mengatakan ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum rencana itu direalisasikan.

"Kalau bagaimana ke depan, kita tidak bisa lepas dari format yang ada saat ini, dan juga anggaran. Kita tidak mungkin berbicara perubahan yang kemudian nggak ada anggarannya. Jadi kita harus realistis," kata Andika kepada wartawan di Mabes Angkatan Laut (AL), Cilangkap, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (22/11/2021).

Andika menjelaskan anggaran TNI untuk lima tahun ke depan sudah disepakati dan sudah di bawah wewenang Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Jadi, kata Andika, saat ini TNI hanya bisa mengikuti anggaran yang sudah ada.

"Sedangkan anggaran untuk pembangunan lima tahun ke depan ini sudah jadi dan sudah di bawah kementerian pertahanan. Jadi kami mengikuti semua perencanaan jangka panjang ini. Jadi Relatif tidak akan ada perubahan yang sangat mendasar," jelas Andika.

"Karena hubungannya dengan penganggaran yang prosesnya pun perjalanannya cukup lama," sambung dia.

Andika juga menyebutkan, untuk merealisasikan hal tersebut, TNI juga harus mendapatkan keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Disebabkan perubahan pangkat pada Dankomar berhubungan dengan perubahan organisasi.

"Kedua, kita harus mendapatkan keputusan presiden dulu karena hubungannya dengan perubahan organisasi. Kita menyebutnya validasi organisasi, bukan hanya Angkatan Laut tapi nanti akan dilakukan secara bersamaan," tutur Andika.

"Peraturan Presiden Nomor 66 yang lalu kan tahun 2019 kalau tidak salah, itu sudah dibuat presiden. Sekarang akan kita lakukan secara serempak seluruh angkatan supaya jangan bolak-balik. Jadi mana yang perlu dinaikkan," pungkas Andika.

Sebelumnya, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Korps Marinir bakal dipimpin oleh jenderal bintang tiga. Yudo masih menunggu keputusan Panglima TNI.

"Ya, sama. Marinir seperti HUT ke-75 (2020) pernah saya sampaikan bahwa marinir juga nanti akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga," kata Yudo dalam jumpa pers setelah peringatan HUT ke-76, Senin (15/11).

Lihat juga video 'Marsekal Hadi Beri Pesan ke Jenderal Andika yang Kini Jabat Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.