Panglima TNI soal Pangkostrad Baru: Kita Usulkan-Presiden Putuskan

Wildan Noviansyah - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 11:16 WIB
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa aambangi Mabes AL, Cilangkap, Jaktim, Senin (22/11/2021).
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa sambangi Mabes AL (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku baru merencanakan rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) terkait pemilihan Pangkostrad baru. Rencana itu akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo.

"Pangkostrad baru, saya baru merencanakan untuk lapor Presiden dulu. Kita akan laporkan untuk rencana Wanjakti," kata Andika di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (22/11/2021).

Andika menjelaskan, usai melapor kepada Jokowi, rapat Wanjakti akan digelar. Kemudian Andika akan membawa nama calon Pangkostrad yang diusulkan ke Jokowi.

"Nah setelah itu baru akan ada arahan atau usulan dari kami yang nanti akan diputuskan oleh Presiden," tutur Andika.

Pelantikan Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD menyisakan teka-teki soal sosok penggantinya di posisi Pangkostrad. Dua nama menguat, yaitu Mayjen Maruli Simanjuntak dan Mayjen Agus Subiyanto.

Jenderal Dudung mengatakan sampai saat ini belum ada keputusan mengenai sosok penggantinya. Hal itu disampaikan saat menjawab pertanyaan wartawan setelah pelantikan di Istana, Rabu (17/11/2021).

"Penggantinya sampai sekarang belum," ujar Dudung.

Dudung berencana melaporkan soal kekosongan posisi Pangkostrad itu kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Hal itu juga akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(aud/aud)