ADVERTISEMENT

Disebut Mustahil Pindah Partai, Begini Jejak Politik Fadli Zon di Gerindra

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 09:56 WIB
Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Fadli Zon (dok detikcom)
Jakarta -

Politikus Gerindra Fadli Zon tengah menjadi buah bibir. Anggota DPR RI itu ramai menjadi perbincangan usai ditegur sang ketua umum, Prabowo Subianto, lantaran menyentil Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Usai ditegur, Fadli Zon pun sudah beberapa hari absen mencuit. Tak ada lagi kritik atau sindiran yang dituliskan lewat akun Twitter-nya.

Tak hanya berujung diamnya Fadli Zon, teguran itu pun membuat tawaran untuk pindah partai datang. Salah satu tawaran datang dari Partai Ummat. Kendati demikian, mantan rekannya di DPR, Fahri Hamzah, menyebut mustahil Fadli Zon pindah partai.

"Mustahil Pak Fadli pindah partai," kata Fahri Hamza saat dihubungi, Sabtu (20/11/2021).

Fahri menyebut Fadli Zon merupakan salah satu orang yang ikut mendirikan Partai Gerindra. Selain itu, kata dia, mustahil Fadli Zon meninggalkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang merupakan sahabat terdekat Fadli Zon.

"Karena beliau adalah pendiri dan orang yang menemani Pak Prabowo pada masa-masa sulit membangun fondasi perjuangan partai sejak awal," ucapnya.

Lantas, bagaimana sih jejak politik Fadli Zon selama ini?

Dikutip dari situs Partai Gerindra, Fadli Zon mengawali karir politiknya sebagai Direktur Eksekutif Center for Policy and Development Studies (CPDS) pada 1995-1997. CPDS merupakan sebuah lembaga think thank dan penelitian.

Usai berkarir di CPDS, Fadli Zon pernah menjadi anggota MPR RI pada 1997-1999. Di tengah jabatannya sebagai anggota MPR, dia juga pernah ikut mendirikan Partai Bulan Bintang (PBB) dan menjadi salah satu ketua hingga mundur pada 2001.

Pada 2007, Fadli Zon dan Hashim Djojohadikusumo kemudian terpikir untuk membuat partai baru yang memberikan haluan baru dan harapan baru. Akhirnya melalui pembahasan dan perdebatan panjang, Fadli Zon, bersama Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, Muchdi Pr, dan lainnya mendeklarasikan Partai Gerindra pada 6 Februari 2008. Di Partai Gerindra, Fadli Zon duduk sebagai wakil ketua umum.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Fadli Zon Ditegur Prabowo Karena Singgung Puan-Deforestasi?':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT