Kagumi Sirkuit Mandalika Bikin Pebalap Ducati Terima Kasih ke Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 05:08 WIB

Balapan Sempat Terhenti

Meski banyak puja-puji, namun balapan di Sirkuit Mandalika sempat terhenti karena cuaca buruk. Race director memutuskan untuk menghentikan race pertama World Superbike tersebut.

Sebetulnya saat itu para pebalap telah berada di grid masing-masing dan bersiap untuk mulai memacu motor. Namun, 12 menit sebelum start, race director memutuskan meunda balapan karena cuaca buruk.

Jadwal ulang pun akan diumumkan setelah menilai kondisi di lapangan.

Pemuncak klasemen sementara World Superbike Toprak Razgatlioglu akan berupaya mengunci gelar juara dunia musim ini dari pole position di race 1 setelah tampil tercepat di babak kualifikasi Tissot Superpole di Sirkuit Mandalika, NTB, Sabtu (20/11/2021) seperti dilansir Antara.

Pebalap tim Pata Yamaha with Brixx WSBK itu mencetak waktu tercepat 1:32,877, yang menjadi rekor baru Sirkuit Mandalika di saat para pebalap lain tak mampu menembus 1 menit 33 detik.

Rival terdekat dari pembalap Turki itu, Jonathan Rea, harus puas dengan P2 setelah terpaut 0,324 detik, sementara Scott Redding dari tim Aruba.it Ducati melengkapi baris terdepan di P3 dengan jarak 0,379 detik dari pole sitter.

Juara dunia bertahan Rea siap tampil habis-habisan dalam seri penutup musim World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika akhir pekan ini guna menghentikan upaya Razgatlioglu mencuri titel pertamanya.

Rea tiba di sirkuit yang berlokasi di pesisir selatan Lombok, NTB, itu dengan defisit 30 poin dari rival utamanya tersebut, sedangkan 62 poin maksimal tersisa dari dua balapan dan satu Superpole race akhir pekan ini.

Sementara itu, Razgatlioglu belum menunjukkan tanda-tanda melambat ketika pembalap berusia 25 tahun asal Turki itu mengincar gelar juara dunia pertamanya di WSBK sekaligus mematahkan dominasi Rea yang adalah pemegang titel enam musim sebelumnya.

Razgatlioglu telah memenangi 13 balapan dan dua pole sebelum ini, sedangkan Rea musim ini mengantongi 11 kemenangan dan delapan pole.

Race 1 pada Sabtu sore akan menjadi kesempatan pertama Razgatlioglu mengunci gelar juara dunia apabila dia memperlebar jarak dari Rea minimal 37 poin.

Razgatlioglu akan mengamankan titel musim ini apabila finis pertama di Race 1 dan Rea finis ketiga atau lebih rendah. Finis runner-up juga cukup bagi sang pebalap Turki untuk mencuri gelar apabila Rea finis keempat atau lebih rendah.


(maa/maa)