Diduga Gangguan Jiwa, Ayah di Sumut Bunuh Anak Kandung Lalu Coba Bunuh Diri

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 21:51 WIB
Konferensi pers peristiwa ayah bunuh anak kandung di Gunungsitoli, Sumatera Utara
Konferensi pers peristiwa ayah bunuh anak kandung di Gunungsitoli, Sumatera Utara (Dok. Istimewa)
Gunungsitoli -

Seorang pria di Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut), tega membunuh anak kandungnya yang masih berusia 4 tahun. Pria itu kemudian mencoba melakukan bunuh diri setelah membunuh anaknya.

"Peristiwa terjadi tadi sekitar pukul 03.40 WIB di dalam kamar rumahnya. Terduga pelaku AZ (40)," kata Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11/2021).

Peristiwa ini diketahui setelah seorang warga melihat pelaku mondar-mandir di depan rumahnya sambil meraung kesakitan. Warga juga melihat baju pelaku bersimbah darah.

"Karena curiga, saksi kemudian mendatangi rumah AZ dan menemukan anaknya AP dalam keadaan tidak bernyawa," tutur Wawan.

Polisi kemudian mendatangi lokasi dan membawa pelaku ke RSUD karena mengalami luka robek di bagian leher. Dari lokasi kejadian, turut diamankan sebuah senjata tajam.

"Diduga pelaku AZ diamankan oleh personil Polres dan kemudian membawanya ke RSUD dr. M. Thomsen untuk diobati karena telah terluka di bagian leher depan yang diduga akibat perbuatannya sendiri serta mengamankan barang bukti sebilah parang yang diduga alat yang digunakan oleh pelaku," ucap Wawan.

Jenazah sang anak yang menjadi korban juga dibawa ke RSUD untuk pemeriksaan. Di tubuh korban ditemukan sejumlah luka.

"Luka yang dialami korban yaitu luka robek di bagian leher depan, luka robek pada bagian perut depan dengan dengan usus terburai keluar, luka robek, dan tulang patah pada lutut kaki sebelah kiri," ujarnya.

Pelaku sampai saat ini belum dapat diperiksa karena pita suara robek. Dari keterangan keluarga, pelaku diduga mempunyai penyakit gangguan jiwa.

"Bahwa menurut keterangan dari keluarganya, pelaku memiliki penyakit ayan dan gangguan jiwa," jelasnya.

(eva/eva)