Serikat Buruh Gelar Aksi Tolak Penghapusan Upah Sektoral di Gedung Kemnaker

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 15:34 WIB
Serikat Buruh di Gedung Kemnaker
Serikat Buruh di Gedung Kemnaker (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi yang tergabung dari beberapa serikat buruh gelar menggelar aksi di depan kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Jakarta. Mereka menuntut agar pemerintah mencabut surat edaran Kemnaker dan Kemendagri tentang penetapan upah buruh.

Berdasarkan pantauan detikcom, di Gedung Kemnaker, Jalan Gatot Subroto, Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Jumat (19/11/2021), pukul 14.10 WIB, nampak para buruh duduk di parkiran depan Kemnaker sambil menyampaikan tuntutan. Lalu lintas sekitar sempat tersendat, tapi per pukul 15.10 lalu lintas sekitar sudah kembali normal.

Terlihat mereka datang dari beberapa serikat buruh, ada dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) dan juga ada dari Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI). Mereka memakai baju berwarna merah.

Serikat Buruh di Gedung KemnakerSerikat Buruh di Gedung Kemnaker (Wildan/detikcom)

Terlihat ada dua mobil komando di atasnya, ada Ketua Sentral Gerakan Buruh Nasional, M Yahya, mengajak peserta aksi untuk semangat dan menyuarakan tuntutannya. Mereka mengkritik Menaker Ida Fauziah.

"Ida Fauziah, menteri upah murah," ucap peserta aksi dikomandoi Yahya.

Para buruh membawa spanduk dan ditempel di pagar Kemnaker, tertulis beberapa beberapa tuntutan yang diajukan buruh. Salah satunya tolak penghapusan buruh sektoral dan memberlakukan kembali upah sektoral bagi kaum buruh.

Poster buruh di gedung KemnakerPoster buruh di gedung Kemnaker. (Wildan/detikcom)

Selain itu, ada spanduk serikat buruh yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keppres tentang upah layak bagi buruh di Indonesia.

"Tolak penghapusan upah sektoral, berlakukan kembali upah sektoral bagi kaum buruh. Menuntut Presiden Jokowi untuk segera terbitkan Kepres tentang upah layak bagi buruh Indonesia," bunyi spanduk itu.

Sementara itu, terlihat ada sejumlah aparat kepolisian berjaga di sekitar Gedung Kemnaker. Ada juga polisi yang mengatur lalin di sekitar lokasi.

(zap/zap)